FE UNY Raih Penghargaan Kompetisi Peringati Hari Sekretaris Dunia

Fakultas Ekonomi (FE) UNY berhasil meraih prestasi dalam kompetisi yang diadakan di Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta, Sabtu (6/5) kemarin. Tiga orang mahasiswa program studi (prodi) D3 Sekretari angkatan 2015 unjuk gigi dengan merebut juara di dua jenis kompetisi berbeda. Dalam kompetisi presentasi berbahasa Inggris, Michel Ike Permatasari berhasil meraih juara 2, sedangkan Dewi Cahyaningrum dan Widya Dwi Indriastuti meraih juara 1 dalam kompetisi Lomba Make-Up Berpasangan. Kompetisi yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Sekretaris Dunia ini mengambil tema “The Inspiring Secretary”. Peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari mahasiswa program studi Administrasi Perkantoran / Sekretaris dan juga pelajar dari SMK. Acara dibuka oleh seminar dengan pemateri dari staf sekretari Unit Manajemen Mutu UGM, Hilaria Lestari Budiningsih, SIP, M.M. Acara dilanjutkan dengan penyelenggaraan kompetisi-kompetisi yang terdiri dari lomba presentasi dalam bahasa Inggris, lomba fashion show, lomba make-up berpasangan, dan lomba kreativitas supporter/yel-yel.

“Saya senang diberi kesempatan bergabung dalam kompetisi presentasi bahasa Inggris yang diselenggarakan ASMI Santa Maria. Selain dapat mengembangkan kemampuan dalam bidang administrasi perkantoran, juga dapat menjadi tolok ukur tingkat kompetensi mahasiswa di kemudian hari,” ujar Michel.

“Tidak pernah terpikirkan sama sekali bahwa kami akan mendapat juara pertama. Mengingat kompetitor kami juga luar biasa semua. Kami bangga bisa menyumbangkan sebuah prestasi untuk almamater UNY, khususnya prodi Sekretari, dan kami berharap kemenangan kami bisa menjadi motivasi selanjutnya bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kualitas diri dan prestasi dalam bidang perkantoran,” lanjut Widya.

”Keberhasilan menjuarai kompetisi di ASMI Santa Maria kemarin cukup membanggakan menurut saya. Ini adalah kompetisi pertama saya di universitas dan Alhamdullilah bisa menang. Kedepannya saya harap semoga ada kompetisi serupa untuk Prodi Administrasi Perkantoran. Semoga nantinya akan banyak prestasi yang dapat dicapai di prodi D3 Sekretaris,” Dewi menambahkan.

Menurut Kaprodi D3 Sekretari FE UNY, Rosidah, M.Si., “Prestasi ini sangat baik untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan soft skill selain hard skill yang tentunya sudah didapat di bangku kuliah.”

“Kegiatan ini sangat membantu meningkatkan bakat dan minat dari mahasiswa, sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman untuk mengembangkan soft skill mereka. Untuk kedepannya kami berharap, kami dapat menyelenggarakan sendiri kegiatan serupa,” ujar Ekwina, salah satu peserta kompetisi dari D3 sekretari FE UNY angkatan 2015. (chusnu/fadhli)