FE UNY Jalin Kerjasama dengan UPSI Malaysia

Sebagai upaya menjalin kerjasama dengan universitas luar negeri, Selasa, 30 Oktober 2012, Fakultas Ekonomi UNY kedatangan tamu dari Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.
Pertemuan yang digadang-gadang sebagai ajang silaturahim tersebut menghasilkan beberapa kemungkinan kerjasama, seperti joint research dan student exchange untuk meningkatkan kualitas kerjasama bidang akademik. Dalam sambutannya, Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono, M.Si menyampaikan beberapa hal yang mungkin dilaksanakan oleh kedua universitas, yaitu pertukaran guest lecture, pengiriman dosen studi lanjut, student exchange, joint research, maupun joint journal. Dekan juga menyampaikan, ada beberapa kendala ketika dosen Indonesia melanjutkan studi di UPSI Malaysia, antara lain bahwa UPSI Malaysia belum masuk daftar universitas yang diakui oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI). Hal tersebut yang menjadi penyebab pengiriman beberapa dosen FE UNY untuk melanjutkan studi doktor ke UPSI Malaysia tertunda. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan kerjasama lain yang akan dijalin oleh FE UNY dan UPSI Malaysia. Senada dengan apa yang disampaikan Dekan FE UNY, Dekan FE UPSI Dr. Rohaila Yusof menyampaikan hal yang sama, bahwa UPSI sepakat menjalin kerjasama dalam proses pembelajaran dengan FE UNY.

Bahkan UPSI juga menawarkan beberapa tema joint research yang mungkin bisa dikembangkan seperti, Islamic Finance/Syariah, Kebobrokan ekonomi dunia, dan tema-tema sosial lain.
Masih banyak persoalan sosial yang terjadi di Malaysia dan melibatkan Indonesia. Sebagai contoh ialah masih terdapat 10 ribu anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di perbatasan Sabah dan Serawak dan mereka belum mendapatkan pendidikan yang layak.

Sehingga kedepan perlu dipikirkan bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia yang orang tuanya bekerja di perbatasan agar mereka juga mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak Indonesia lain. Harapan dari pertemuan ini ialah terjalinnya kerjasama antara FE UNY dan UPSI Malaysia dalam mengembangkan bidang pendidikan sehingga Indonesia dan Malaysia yang notabene adalah saudara serumpun dapat saling membantu satu sama lain. (lina)