FE UNY Hibahkan Media Pembelajaran

Pendidikan Administrasi Perkantoran (P. ADP) FE UNY menyerahkan sejumlah media pembelajaran karya mahasiswa ke 6 sekolah di DIY. Enam sekolah itu adalah SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, SMK PGRI 1 Sentolo, SMK Muhammadiyah 2 Wates, SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, SMK N 1 Bantul, dan SMK 2 Muhammadiyah Bantul. Koordinator Laboratorium P. ADP FE UNY, Siti Umi Khayatun M., M.Pd., menyatakan bahwa media pembelajaran ini merupakan karya mahasiswa yang menjadi penugasan di salah satu mata kuliah. Media diserahkan secara langsung ke masing-masing sekolah didampingi para mahasiswa.

Media pembelajaran yang dibuat adalah maket dari ruang laboratorium. Dengan maket ini, siswa akan lebih mudah memahami prosedur-prosedur standar dalam alur pekerjaan. Terutama yang berhubungan dengan bidang keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP). Media pembelajaran dibuat dengan skala yang beragam, mulai dari 1:10 hingga 1:28 dan menyerupai bentuk aslinya.

Eka Yulianta Waka Humas SMK Muhammadiyah 2 Moyudan mengucapkan apresiasi atas penyerahan media ini. “Media ini bisa menjadi sarana belajar para siswa dalam kegiatan praktik OTKP,” katanya.

Sementara itu, Siti Umi Khayatun menerangkan bahwa media pembelajaran ini sudah dilengkapi dengan Standard Operational Procedure (SOP) untuk membantu memahami media secara optimal. “Di ruang-ruang laboratorium, tentu ada aturan-aturan operasional standar yang harus dipatuhi agar kenyamanan kegiatan praktik di ruang tersebut tercipta. Selain itu, agar perlengkapan dan bahan-bahan yang ada di ruangan tersebut tetap terpelihara dan tertata dengan baik,” terangnya. (fadhli)