FE UNY Gelar Pelatihan Job Hunting bagi Calon Wisudawan

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri ( FE UNY) mengelar Pelatihan Pengembangan Diri & Kiat Sukses Menembus Dunia Kerja Periode ke III tahun 2012 bagi para calon wisudawan dari fakultas di kampus setempat atau sering disebut dengan Pelatihan Job Hunting pada Kamis (30/08) di Aula FE UNY. Pelatihan dimaksud agar para calon sarjana memiliki motivasi guna memasuki dunia kerja. Pelatihan dibuka oleh Dekan FE UNY, Dr. Sugiharsono, M. Si rencananya akan diselenggarakan secara rutin menjelang acara wisuda. Dalam acara pembukaan Dekan menyampaikan tujuan dari acara pelatihan ini, yaitu untuk memberikan wawasan kepada calon lulusan bagaimana persaingan di dunia kerja. Untuk bisa bersaing di dunia kerja diperlukan kemampuan yang memadai serta kemauan untuk bekerja keras. Sehingga lulusan FE UNY mampu bersaing dengan lulusan dari universitas lain. Menghadirkan narasumber Dra. Magdalena Sukartono Praktisi sekaligus Direktur Lembaga SDM Abisatya Paramitra Yogyakarta.

Ketua panitia, Lina Nur Hidayati disela-sela acara mengungkapkan, pelatihan akan memberikan motivasi dan semangat serta bekal bagi para calon sarjana FE UNY. Hal itu dibutuhkan mengingat kerasnya dunia persaingan dalam mencari kerja. “Selain itu untuk memberikan nilai tambah kepada para sarjana UNY sehingga memiliki kemampuan lebih dalam persaingan global ini,” ujarnya. Kegiatan pelatihan ini merupakan program rutin pihak fakultas dalam usaha membekali para sarjananya. Untuk kali ini diikuti oleh 228 calon sarjana UNY dari fakultas Ekonomi.

Pihak fakultas memberikan program pelatihan dan motivasi dengan dua jalur besar yakni untuk dapat bersaing dalam lapangan pekerjaan,. Selain itu jalur untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan.
Materi pelatihan diberikan oleh pakar motivasi dan pengembangan diri dari Magdalena Sukartono, salah seorag psikologi Senior yang berasal dari lembaga Abisatya Paramitha. Dia menyatakan, meningkatnya kompetensi dan kemampuan menjadi tuntutan mutlak, sehingga akan menjadi pribadi yang memikili nilai plus.“Hal inilah menjadi salah satu peluang dalam memenangkan persaingan di dunia yang mengglobal ini,” terang psikologi yang saat ini berusia 70 tahun.

Dijelaskan Magdalena, tuntutan dunia kerja dan industri, maupun yang lain ialah kemampuan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan serta sikap profesional yang tinggi. Sikap dan kemampuan tersebutdapat dilatih dan didapatkan dengan secara terus menerus belajar dan banyak hal. “Kemampuan tersebut tidak hanya di dapat di bangku kuliah tetapi dari berbagi aspek dan lingkungan yang ada, hanya saja diperlukan sikap dan tekad dari para sarjana itu sendiri untuk mau belajar dan meningkatkan kompetensi tersebut,” paparnya. (Dwi&Isti)