FE UNY Dikunjungi SMK Dinamika Pembangunan

Para Siswa SMK Pembangunan dan Guru-guru

Jumat (3/5) lalu sebanyak 167 siswi SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta berkunjung ke Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Rombongan sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9 ini didampingi delapan orang guru. Diterima di ruangan Auditorium Fakultas Ekonomi, para tamu disambut oleh Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd., Kasubbag Pendidikan dan Mahasiswa Istiyani Nuryati, S.Pd., dan Kajur Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Joko Kumoro, M.Si. SMK Dinamika Pembangunan 2 adalah sekolah kejuruan bisnis dan ekonomi yang didirikan oleh Drs. KH. A. Shodri HM., yang juga merupakan Ketua MUI Jakarta Timur dan Ketua Jakarta Islamic Centre terbaru.

Dalam sambutannya, Siswanto, M.Pd. mengucapkan selamat datang dan menyambut baik pilihan SMK Dinamika Pembangunan untuk melakukan studi banding di FE UNY. Diceritakannya sejarah berdirinya FE UNY terutama secara yuridis yang baru saja memisahkan dari FIS ketika bernama FISE pada 2011 lalu. “Di FE UNY, ada empat jurusan dan delapan program studi. Dan untuk memasukinya bisa melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan UM-UNY,” jelasnya.

Sementara itu, Eko Waskito Putro, S.Pd. yang memberikan sambutan mewakili SMK DP 2 mengharapkan kunjungan ini bisa membentuk jalinan komunikasi yang lebih baik di masa mendatang. “Semoga dengan kunjungan ini, para siswa bisa mendapat gambaran serta motivasi agar bisa diterima sebagai mahasiswa di FE UNY ini,” ungkapnya di hadapan para peserta didiknya yang didominasi siswi.

Setelah sambutan tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video profile FE yang berdurasi sekitar 10 menit. Kemudian, acara berlanjut dengan sesi tanya jawab yang mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari para siswi. Mereka bertanya beberapa hal yang terkait dengan dunia perkuliahan di FE mulai tentang beasiswa yang tersedia, sampai sebab-sebab jurusan Administrasi Perkantoran dimasukkan di FE. Bahkan, ada pula siswi yang ingin tahu tentang bahasa perkuliahan yang dipakai sehari-hari di FE UNY setelah keheranannya menonton video profile di mana para penampilnya menggunakan bahasa Inggris selama video. (fadhli)