FE Selenggarakan Pelatihan Job Hunting II Mei 2017

Sebagai bekal menghadapi dunia usaha, Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali mengadakan Pelatihan Pengembangan Diri dan Kiat Menembus Dunia Kerja, Rabu (17/05) lalu. Pelatihan yang acap disebut sebagai Pelatihan Job Hunting ini ditujukan kepada para alumni yang diwisuda periode Mei 2017. Diikuti oleh lebih dari 70 peserta, pelatihan ini dipandu oleh Lembaga Pelatihan Cristal Indonesia Manajemen pimpinan Risma Kusumanendra. Para peserta mendapatkan wawasan seputar dunia usaha, terutama bagaimana menyiapkan diri menghadapi tes seleksi penerimaan kerja.

Wakil Dekan III bidang alumni dan kemahasiswaan FE UNY Isroah, M.Si. menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bekal terakhir yang diberikan fakultas kepada para alumni. “Harapan kami, para peserta bisa menjadi lebih percaya diri dan siap terjun di dunia kerja yang sebenarnya. Dengan demikian masa tunggu para alumni juga menjadi lebih pendek,” ucapnya.

Risma menegaskan, ilmu yang didapatkan di bangku kuliah tidak mempelajari bagaimana menyiapkan diri menghadapi tes masuk kerja. Oleh karena itu, softskill sangatlah penting. “IPK tidak lagi menentukan saat di ruang wawancara. Wawancara sudah dimulai bahkan sejak memasuki ruangan. Pewawancara akan menilai bagaimana calon karyawannya memasuki ruangan,” terangnya.

“Selain itu, eye contact harus dijaga. Betapa banyak yang saat diwawancara justru menatap ke langit-langit dan jelalatan, atau bahkan sebaliknya, menunduk tak memperhatikan pewawancara. Padahal ini penting karena mendukung penilaian yang positif,” tambah Risma.

Para peserta juga mendapatkan materi praktik tes simulasi wawancara, cara memperkenalkan diri yang baik, dan kiat berbusana yang baik. Pelatihan juga diselingi dengan sesi permainan yang membuat para peserta tetap antusias. Selain itu, musik dan video yang bersemangat juga sesekali diperdengarkan untuk memotivasi. (fadhli)