Dua Mahasiswa FE Ikut Serta dalam ASEAN University Youth Summit 2015

may dan shinta

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Siti Maesyaroh (Manajemen 2011), Shinta Widyarini (Pendidikan Akuntansi 2011), dan Janu Muhammad (Pendidikan Geografi 2011) mengikuti acara ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2015 di Universiti Utara Malaysia. Acara yang mengusung tema “ASEAN Youth Network Through Volunteerism” berlangsung dari tanggal 26—29 Januari 2015 di Universitas Utara Malaysia. AUYS dihadiri oleh lebih dari 100 delegasi dari berbagai negara seperti Indonesia, Thailand, Brunei Darusalam, Filipina, Kamboja, dan Malaysia sebagai tuan rumah. Para mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan ini bertukar pikiran, membangun relasi volunteerism di ASEAN, serta membuka networking untuk kolaborasi aksi nyata pengembangan masyarakat menuju Masayarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari itu, dibuka dan diresmikan oleh menteri Besar, YAB Dato’ Seri Haji Mukhriz Tun Mahathir. Setelah acara pembukaan dan sambutan-sambutan dari pihak tuan rumah, dilanjutkan dengan acara Round Table Discussion 1 yang membahas tema utama yaitu The Role of Youth Volunteers as Agents of Change Towards ASEAN Community 2015. Dalam acara round table discussion 1 setiap masing masing delegasi kampus mengungkapkan pendapatnya dalam meja diskusi sesuai dengan poin-poin pertanyaaan yang dibacakan moderator.

Kegiatan berlangsung semakin menarik ketika masing-masing negara menceritakan mengenai kegiatan volunteerism di masing-masing wilayah. Termasuk delegasi Indonesia yang diwakili Janu Muhammad yang menceritakan mengenai perpustakaan Omah Baca Karung Goni dan Gerakan Mari Berbagi yang diikutinya hingga saat ini.  Acara round table discussion ditutup dengan resolution of round table discussion yang membahas tema Strengthening Youth Volunteering in ASEAN. Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan sharing mengenai P2A (Passage to ASEAN) Members. Passage to ASEAN merupakan sebuah wadah bagi universitas-universitas yang tergabung dalam P2A untuk melakukan kegiatan sit-in atau pertukaran mahasiswa antar anggota P2A.

Sementara hari berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan volunteerism di sekolah dasar dan TK.  Para peserta membantu mengajar dan bermain serta membersihkan lingkungan sekolah bersama anak-anak yang ada di sekolah tersebut. Malam harinya dilanjutkan dengan acara closing ceremony and cultural performance dari masing-masing negara. Riuh tepuk tangan penonton begitu penampilan dari Indonesia yang tampil membanggakan membawakan tarian Betawi dan tarian Sumbawa untuk memperkenalkan beragam budaya yang dimiliki Indonesia. Setelah berakhirnya AUYS 2015 diharapkan terjalin kerja sama antar pemuda-pemudi di ASEAN khususnya untuk menyongsong salah satu pilar ASEAN–Socio Cultural. (may)