Dua Mahasiswa Bidik Misi Raih Juara I Mahasiswa Berprestasi FE UNY

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang memiliki prestasi bidang akademik dan non akademik dengan menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FE UNY tahun 2013 untuk jenjang Sarjana dan Diploma. Keberlangsungan pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) ini masih perlu dipertahankan dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan iklim akademik yang kondusif. Seleksi pemilihan Mapres FE UNY untuk jenjang S1 diikuti sebanyak 8 mahasiswa dan untuk jenjang D3 diikuti 3 mahasiswa. Adapun penilaian mencakup Indeks Prestasi Akademik (IPK), penulisan karya tulis ilmiah, prestasi unggulan, dan kemampuan Bahasa Inggris. Setelah melalui proses seleksi tersebut, akhirnya terpilihlah Yuni Astuti dengan jumlah skor penilaian 87,72 dari jurusan Manajemen sebagai Juara I Mapres FE UNY 2013 tingkat Sarjana (S1) dan Malinda Dwi Apriliane dengan jumlah skor penilaian 93,72 dari jurusan Akuntansi D3 meraih Juara I Mapres FE UNY 2013 jenjang Diploma. Keduanya merupakan mahasiswa peraih beasiswa Bidik Misi dari DIKTI sehingga bisa berkuliah di FE UNY dengan tidak dipungut biaya bahkan juga malah mendapatkan biaya hidup setiap bulannya.

Suatu predikat yang tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh Yuni gadis kelahiran Sleman, 14 Juni 1991 sekaligus Alumni SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMK N 1 Depok ini yang juga merupakan seorang aktivis di unit kegiatan mahasiswa Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UNY. Selain itu, di tahun sebelumnya ia juga menjabat sebagai Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa (HIMA) Manajemen 2012. Peraih IPK 3,69 ini sebelumnya juga meraih jawara di Olimpiade Koperasi Nasional pada November 2012 silam.

Mahasiswi penerima Beasiswa Bidik Misi yang gemar membaca dan menghitung ini juga aktif mengembangkan diri dan juga rajin berkontribusi secara langsung pada masyarakat. Ilmunya pada Manajemen dan Akuntansi dia gunakan untuk memberikan pengajaran di "Rumah Pintar KOPMA UNY”.

Sementara itu, Malinda mahasiswi kelahiran Banjarnegara 18 April 1992 ini juga membuktikan bahwa dia mampu menorehkan sejarah dalam hidupnya dengan IPK 3,88 ini juga sangat gemar berorganisasi sewaktu masih sekolah dan sampai di dunia perkuliahan, tak tanggung–tanggung Malinda sekarang menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE UNY tahun 2013.

Semoga Yuni dan Malinda bisa membawa nama besar FE UNY dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat UNY yang seleksinya akan dimulai pada akhir Maret 2013 mendatang. (Isti & Cholid)