Dosen Fakultas Ekonomi UNY Latih Pemasaran Digital UMKM Imogiri

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan PKK Imogiri gelar pelatihan dan pendampingan pemasaran digital pasca pandemi, Minggu (29/05). Pelatihan dan pendampingan tersebut merupakan rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Pengembangan Wilayah di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNY. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari pengabdian tahun lalu, di mana target pendampingan adalah Usaha Mandiri Kecil Menengah (UMKM) di bawah naungan PKK Imogiri Bantul.

PkM Pengembangan Wilayah tahun ke-2 ini dilaksanakan di Balai Desa Imogiri Bantul dan fokus pada Optimasi Pemasaran Digital Melalui Marketplace. Voettie Wisataone, dosen Fakultas Ekonomi, sekaligus tim pengabdian menyampaikan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian dan pengabdian keilmuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Dalam sambutannya, Fadilah Hartati, selaku ketua TP PKK Kelurahan Imogiri, menyambut baik kegiatan tersebut. Tim PKK Imogiri menyediakan fasilitas tempat dan peralatan, serta mengundang ibu-ibu pemilik UMKM yang tahun lalu sudah dilatih untuk berjualan online.

Prof. Dr. Suranto, A.W. selaku ketua pengabdian juga menyampaikan bahwa program lanjutan ini bertujuan untuk meningkatkan traffic dan juga omset penjualan online. Sehingga, UMKM tetap bisa bangkit walau sebelumnya terhantam badai pandemi.

Ulfah Hidayati, pembicara pertama menjelaskan pentingnya memiliki brand dalam berbisnis. Sehingga, dibantu oleh mahasiswa D4 Administrasi Perkantoran, UMKM mendapatkan desain logo yang menarik. Kemudian, Voettie Wisataone, pembicara kedua dari Fakultas Ekonomi juga menjelaskan langkah-langkah mengoptimasi toko online untuk meningkatkan kunjungan calon pembeli. Pendampingan akan dilanjutkan selama sebulan ke depan dengan menggunakan metode daring.