DEBAT ISU EKONOMI NASIONAL UNTUK WUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI BANGSA

Indonesia merupakan negara maritim dengan lautan yang mendominasi luas wilayah Indonesia. Berbagai upaya inovasi dan kebijakan pemerintah sangat digencarkan dalam rangka mendukung ketangguhan maritim Indonesia. Sektor kelautan merupakan sektor utama negara Indonesia yang dalam setahun terakhir ini menjadi sorotan utama pemerintahan Joko Widowo-Jusuf Kalla dengan mengangkat misi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Akan tetapi, di balik optimisme ini sering kali mengabaikan kondisi dan keadaan riil masyarakat. Kebijakan pemerintah pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap kebijakan pemerintah sangat perlu untuk dikaji lebih mendalam agar menciptakan keseimbangan antara kepentingan kebijakan dengan kemampuan masyarakat Indonesia.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Penelitian Komunitas Riset dan Penalaran (UKMF KRISTAL) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Debat Isu Ekonomi Nasional  (DIEN) 2015 pada 9 hingga 11 Oktober lalu. Pada tahun ini DIEN mengangkat tema 'Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa melalui Kedaulatan Energi, Pangan, dan Ketahanan di Sektor Maritim.”

DIEN diikuti oleh 24 tim yang terdiri dari UIN Alaudin Makassar, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Islam Indonesia, Universitas Budi Luhur Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Sultan Agung Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Sumatra Utara, dan Universitas Sriwijaya Palembang.

Acara debat pada hari Sabtu (10/10/2014) di Auditorium Fakultas Ekonomi UNY dengan diawali sambutan Ketua Panitia DIEN, Eryan Dwi Susanti dilanjutkan sambutan terakhir dari Siswanto selaku Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi UNY sekaligus membuka acara Debat Isu Ekonomi Nasional 2015.

Sejumlah 24 tim berkompetisi mulai dari tahap semi final hingga final debat. Adapun juri DIEN yaitu 12 orang yang tergabung dari Jogja Debating Forum, dosen Fakultas Ekonomi UNY, dan dari delegasi Dinas Kelautan dan Perikanan Yogyakarta.

Pada akhir kompetisi, dewan juri mengumumkan bahwa Universitas Gadjah Mada dengan ketua tim Azmi Sanjaya Wahyu Murti mampu merebut juara pertama. Juara kedua diraih tim yang diketuai oleh Ira Aprilianti dari Universitas Jenderal Soedirman dan juara ketiga diraih oleh tim yang diketuai Rila Aprilia Purnamasari dari Universitas Jenderal Soedirman.

Rangkaian kegiatan berakhir pada Minggu (11/10/2015) dengan agenda fieldtrip menuju Benteng Vredeburg dan Malioboro. (desi)