Basmah: Tidak Perlu Jenius, Yang Penting Rajin

Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali meluluskan mahasiswanya. Pada Periode September lalu, sebanyak 39 orang yang terdiri dari 10 orang S1 Kependidikan, 23 orang S1 Non Kependidikan, dan 6 orang dari program D3 dinyatakan lulus dalam upacara Yudisium, Jumat (30/9) lalu. Upacara Yudisium menjadi penanda bahwa seorang mahasiswa telah disahkan menjadi seorang Sarjana atau Ahli Madya. Turut hadir dalam upacara tersebut, segenap jajaran Dekanat dan Ketua Jurusan atau Program Studi di lingkungan FE UNY.

Wakil Dekan I Prof. Sukirno, Ph.D., melaporkan, sejumlah 12 orang peserta lulus dengan predikat Cum Laude. “Selamat kepada para lulusan. Cum Laude atau bukan, semoga hal ini bisa memicu Anda untuk lebih bersemangat dalam memberikan manfaat,” ucapnya.

Peraih Indeks Prestasi Tertinggi (IPK) tertinggi pada periode ini adalah Basmah Shakib dari Program Studi Manajemen S1 dengan IPK 3,74. Basmah, sebagaimana dia acap dipanggil, merupakan penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) sewaktu kuliah. Beasiswa PPA merupakan bantuan dana yang berdasarkan pada prestasi mahasiswa, terutama indeks prestasi.

Selain prestasi di bidang akademik, gadis berdarah Arab-India-Jawa ini juga mengembangkan potensinya di bidang non akademik. Putri sulung pasangan bapak Shakib M. Mashabi dan ibu Sholehah ini gemar menekuni tarian modern dan tarik suara. “Saya dulu gabung di Management Voice, dan sempat mengikuti Lomba Modern Dance juga,” tambah alumnus SMA N 2 Wonosobo ini.

Bagi Basmah, tidak perlu terlahir pintar untuk bisa meraih IPK yang tinggi. “Saya biasa belajar atau membaca buku sebelum shubuh, lalu dilanjutkan setelah shubuh. Yang penting rajin belajar, tidak harus jenius,” pesan Basmah yang juga pernah meraih peringkat satu sejurusan IPS di SMA dulu. (fadhli)