Bakti Sosial di Desa Dlingo “GIRILOJI” Dalam Rangka Dies Natalis Ke 50 UNY

Penerima Bantuan

Minggu (27/4) Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama-sama dengan jajaran pimpinan Universitas mengadakan kegiatan Bakti Sosial di Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Acara ini digelar dalam rangka rangkaian kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan secara serempak seluruh fakultas dan lembaga yang ada di UNY dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 50 UNY. Dalam kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan beberapa agenda sekaligus yaitu, pembagian 300 paket sembako, pembagian 300 paket pakaian pantas pakai, penyerahan 200 paket pendidikan bagi anak-anak SD dan SMP, serta  penanaman 9 pohon sawo kecik di halaman kelurahan desa Dlingo. Terlihat antusias warga masyarakat Dlingo yang berjumlah kurang lebih 300 orang memadati halaman kelurahan Desa Dlingo. Dalam acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Rektor III UNY, Kepala Biro BAKI UNY, Dekan FE, Dekan FBS, Camat Dlingo, Kapolsek Dlingo, Danramil Dlingo dan beberapa unsur pimpinan UNY.

Lurah Desa Dlingo Badrun Wardoyo mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial dari UNY seperti ini baru pertama kalinya sehingga diharapkan kedepannya masih ada tindak lanjut demi kemajuan desa Dlingo. Perlu diketahui bahwa Desa Dlingo ini merupakan salah satu desa yang letaknya sangat jauh dari perkotaan dan merupakan wilayah dataran tinggi yang ada di Kabupaten Bantul sehingga masih dibutuhkan pendampingan guna menciptakan kemandirian masyarakat desa. Dlingo mempunyai slogan “Dlingo Giriloji” yang merupakan singkatan dari Gemah Ripah Loh Jinawi.

Di desa Dlingo rata-rata penduduknya berpendidikan SMP dan SMA. "Dengan masuknya UNY ke desa ini diharapkan bisa memotivasi warga masyarakat Dlingo untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana sehingga kami bisa lebih bangga lagi untuk bersekolah yang lebih tinggi. Kami juga merindukan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berkesinambungan untuk fokus membantu dan membina desa Dlingo sehingga bisa terwujud cita-cita kami untuk menciptakan ‘one village one product’”, lanjut Wardoyo. Saat ini baru ada di Dusun Pakis 1 dan Pakis 2 saja yang menjadi dusun binaan. Masih ada beberapa dusun yang belum menjadi desa binaan. Harapannya kedepan Desa Dlingo bisa menjadi salah satu desa binaan UNY. 

Sedangkan Wakil Rektor III UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutan menyampaikan, “Saat ini UNY secara bersama-sama melakukan Bakti Sosial secara menyeluruh se-kabupaten dan kota se-DIY dan salah satunya di Desa Dlingo yang berada di Kabupaten Bantul. UNY saat ini juga memiliki desa binaan dengan mengembangkan Kampung Emas Dewi Sri di Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul dengan tujuan salah satunya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu kami juga  berkomitmen untuk ikut memajukan desa Dlingo sehingga masyarakat Desa Dlingo juga bisa mandiri dan sejahtera,” tegas Sumaryanto.

Dalam sambutannya, Camat Dlingo, Siswanto menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh UNY ke depan masih diharapkan, serta pada masa mendatang UNY dapat memberikan pendampingan kepada masyarakat khususnya di bidang pendidikan karena Dlingo merupakan salah satu kecamatan yg terluas di Kab. Bantul dan memiliki 1899 kepala keluarga. (isti)