Ada “Hitam Putih” dan “Rangking 1” di LCCA UNY 2015

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Hima Diksi) Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) se-Jawa-Bali yang bertempat di Auditorium dan Ruang Ramah Tamah FE UNY Sabtu (7/11) lalu. Acara ini merupakan salah satu program kerja Hima Diksi Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang). LCCA ini sudah menjadi acara tahunan dan pada tahun ini diselenggarakan dengan tingkat Jawa dan Bali. Peserta dari acara ini adalah siswa-siswi SMA dan SMK se-Jawa Bali. LCCA tahun 2015 yang mengusung tema “Explore the World of Accounting and Get Your Great Experience with Accounting Competition” mendapat animo yang tinggi dari siswa-siswi SMA/SMK dengan bukti peserta dari SMA mencapai 46 tim dan dari SMK 36 tim.

Di waktu yang bersamaan juga diselenggarakan workshop bagi guru pendamping peserta LCCA. Workshop kali ini mengusung tema “Strategi Pembelajaran yang Interaktif dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Global di Era AEC (ASEAN Economic Community)” dengan pembicara Dr. Ali Muhtadi, M.Pd. Acara ini diharapkan dapat menambah kemampuan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran yang interaktif saat mengajar di kelas. Acara ini dilaksanakan terpisah dari LCCA, yaitu di gedung LPPMP UNY.

Dalam acara ini juga diadakan pameran media pembelajaran yang merupakan hasil karya dari mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Antusias guru sangat tinggi terhadap media pembelajaran yang dipamerkan. Harapannya guru-guru dapat menerapkan media serupa di kelas sehingga siswa semakin tertarik dengan materi pelajaran.

Rangkaian Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) tingkat SMA dan SMK terdiri dari 3 babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Bagi tim yang tidak lolos pada babak penyisihan, terdapat games yang juga diselenggarakan panitia, untuk tim SMA terdapat games “Hitam Putih” sedangkan untuk tim SMK terdapat games “Rangking 1”.

Acara ini tentunya berjalan dengan lancar dengan jumlah peserta yang semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Para siswa SMK maupun SMA bersaing secara sehat dalam lomba ini. Waktu yang ditunggu-tunggu pun datang, ditemukanlah sang juara dari LCCA tahun ini. Di tingkat SMA juara 1, 2, dan 3 berturut-turut diraih oleh SMA N 1 Magelang, SMA N 2 Purwokerto, dan SMA N 1 Surakarta. Sedangkan tingkat SMK diraih oleh SMK N 1 Pengasih, SMK N 1 Wonosari, dan SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan sebagai juara 1, 2, dan 3. (fadhli)