Zulfa, Peraih UN Tertinggi SMK se-DIY 2015 Lulus S1 Cumlaude

Zulfa Ainun Naim menjadi satu di antara 47 mahasiswa yang diyudisium pada akhir April lalu. Lulusan SMK N 1 Pengasih ini dinyatakan menjadi lulusan terbaik pada Yudisium Periode April 2019 ini dengan raihan 3.83. Yudisium diadakan setiap bulan dan menjadi penanda seorang mahasiswa lulus secara akademik dan berhak mengikuti upacara wisuda yang ditentukan waktunya kemudian.​​​​​​​ Zulfa lulus dari Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY dalam kurun kurang dari 4 tahun. Putri tunggal pasangan Parsimin dan Muntamah ini merupakan penerima Bidikmisi yang diterima melalui Seleksi Mandiri jalur Prestasi. Berkat prestasinya saat mengikuti lomba cerdas cermat di tingkat Kabupaten dan Jateng-DIY, Zulfa bisa menikmati pendidikan di bangku kuliah.

Selain itu, dirinya juga mendapatkan nilai UN Tertinggi untuk SMK se-DIY pada 2015 lalu. Untuk mata pelajaran matematika dan kejuruan (Akuntansi) dia mendapakan nilai 100. Sedangkan Bahasa Indonesia 94 dan Bahasa Inggris 92.

Ditanya mengenai cita-cita, Zulfa memang ingin menjadi guru, terutama di bidang Akuntansi. Guna mengejar cita-citanya itu, dirinya pun giat belajar. “Biasanya habis bangun malam, sebelum shubuh saya gunakan untuk belajar,” ujar Zulfa yang pernah menjadi Bendahara di Himpunan Mahasiswa (Hima) Diksi dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) ini.

Dirinya berpesan pada mahasiswa agar tak melupakan organisasi. “Di kampus bukan hanya untuk belajar, tapi carilah pengalaman seluas mungkin. Bukan melulu kemampuan akademik, tetapi justru softskill yang banyak dipakai di dunia kerja, dan itu bisa didapatkan melalui organisasi,” pesannya.

Dekan Sugiharsono dalam sambutannya berharap para lulusan dapat berkontribusi di masyarakat, baik dengan bekerja sesuai bidangnya secara profesional, maupun dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat. (fadhli)