Yudisium Juni Penuh Berkah di FE UNY

Fakultas Ekonomi kembali menggelar upacara Yudisium periode Juni 2014, Senin (30/06) lalu. Sebanyak 91 orang yang terdiri dari 29 orang S1 Kependidikan, 18 orang S1 Non Kependidikan, dan 44 orang Program Diploma 3 dinyatakan lulus secara akademik dan administratif. Dari 91 lulusan ini, sebanyak 46 orang atau 50,55 % meraih predikat Dengan Pujian, sedangkan sisanya memperoleh Sangat Memuaskan. Demikian sebagaimana diungkapkan Wakil Dekan I Bidang Akademik, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.M., M.Pd dalam laporannya. Upacara Yudisium kali ini dihadiri Ketua Senat FE, Dr. Nahiyah Jaidi Farraz, segenap jajaran dekanat, kabag, kasubag, kajur, dan kaprodi di lingkungan FE UNY.

Dekan, Dr. Sugiharsono, M.Si menuturkan, persentase peraih predikat Cum Laude yang cukup banyak merupakan salah satu berkah Ramadhan. “Sangat jarang terjadi peraih predikat Dengan Pujian ini lebih banyak dari predikat lain, semoga menjadi keberkahan bagi semuanya,” harapnya. “Dengan yudisium ini, para lulusan sudah bisa memesan kartu nama yang dibubuhi gelar, dan ditunjukkan ke orang tua, sebagai bukti kalian sudah selesai studi,” lanjutnya.

Peraih IPK tertinggi pada periode Juni ini adalah Eka Agustini dari Program Studi D3 Sekretari sebesar 3,85. Sebagaimana menjadi tradisi di tiap yudisium, peraih IPK tertinggi membacakan Prasetya Alumni, mewakili para lulusan, demikian juga, Eka, begitu dia biasa disapa, yang didaulat pada yudisium periode itu. Alumni SMK N 1 Pengasih ini mengungkapkan, dirinya tidak memiliki kiat khusus dalam belajar. “Yang penting, belajar, berusaha, dan berdoa saja,” ungkap putri pasangan Bapak Suyadi dan Ibu Sidarti. Eka mengatakan sangat bahagia bisa mendapat kesempatan kuliah di UNY, hanya saja jarak Wates dan Yogyakarta yang terkadang masih menjadi persoalan baginya saat mengurus hal-hal administratif.

Salah satu peserta Yudisium periode ini adalah Bagja Sumantri, seorang aktivis mahasiswa semasa masih aktif berkuliah. Pria yang lahir di Tangerang, besar di Lampung, dan kini tinggal di Purbalingga ini sudah menorehkan banyak prestasi semasa kuliah. Di antara beberapa prestasi yang pernah ditorehkannya adalah, Juara II Debat Nasional di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Denpasar dan Juara III Debat Sospol Tingkat Provinsi di UNY.

Selain itu, peraih IPK 3,55 ini juga pernah aktif sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HMPE) dan aktif di Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) FE. Aktivitasnya yang padat tidak menghalanginya untuk meraih nilai yang baik. “Saya sering tidur setelah subuh, dan mengerjakan tugas pada dini hari,” terang Bagja. Putra Bapak Sumar, seorang prajurit TNI, ini mengaku senang bisa berkuliah di UNY. “Saya mendapat banyak pengalaman akademik dan non akademik, serta dukungan segenap entitas di fakultas bagi mahasiswa agar bisa menyelesaikan studi dan berprestasi. Semoga FE UNY mampu menelurkan pendidik-pendidik yang profesional dan berdedikasi,” tuturnya. (fadhli)