Universitas Sriwijaya Pelajari Praktik Akuntansi di FE UNY

Fakultas Ekonomi menerima kunjungan edukasi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang, Selasa (2/12) lalu. Sebanyak lebih dari 60 mahasiswa beserta para dosen pendamping dari Jurusan IPS, Program Studi Pendidikan Ekonomi, memadati Ruang Ramah Tamah Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Rombongan yang dipimpin Dra. Yulia Djahir, M.M., Ph.D, ini melakukan kunjungan dengan maksud mempelajari proses pembelajaran dalam praktik Akuntansi yang dilaksanakan di FE UNY. Rombongan diterima langsung oleh Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono, MSi Wakil Dekan II, M. Djazari, MPd dan Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Daru Wahyuni, M.Si.

Dalam sambutan awalnya, Yulia Djahir mengungkapkan bahwa FE UNY adalah sahabat lama. “Sudah lebih dari lima belas tahun hubungan baik ini terjalin. Jadi, saya selalu rindu untuk datang kembali kemari,” ujarnya.

Dalam paparannya, Yulia memperkenalkan program studinya. Di Unsri, Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi tergabung dalam Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial bersama dengan 2 program studi lainnya, yaitu Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan PKn. Selain itu, terdapat pula kelas ekstensi untuk ketiga program studi tersebut.

“Tujuan kami ke FE UNY ini adalah untuk menyeimbangkan persepsi yang telah didapatkan mahasiswa di bangku kuliah dengan dunia usaha. Selain itu, kami juga ingin mengetahui laboratorium-laboratorium di Fakultas Ekonomi, dan juga mengenal praktik Akuntansi yang diajarkan di sini,” jelasnya. “Setelah ini, kami masih melanjutkan perjalanan ke kerajinan Perak di Kotagede dan Jakarta untuk memperlihatkan berbagai industri dan pasar kepada para mahasiswa kami,” lanjut lulusan S3 Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia ini.

Secara umum, praktik akuntansi di FE UNY menyediakan sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah didapat. “Di FE UNY terdapat laboratorium yang mendukung seperti Laboratorium Auditing, Laboratorium Komputasi Akuntansi, dll. Selain praktik di laboratorium kampus, mahasiswa juga mengunjungi berbagai lembaga seperti BMT atau bank untuk mengetahui berbagai hal secara langsung,” ungkap Djazari.

Dalam kunjungan ini, rombongan mahasiswa beserta dosen berkesempatan menengok Islamic Mini Bank (IMB) dan Entrepreneurship Education Center (EEC), laboratorium perbankan syariah dan laboratorium kewirausahaan yang dimiliki FE UNY dan bisa dimanfaatkan semua kalangan civitas akademika UNY. Staf IMB dan EEC menjadi sasaran berbagai pertanyaan yang datang dari mahasiswa dan dosen mengenai cara kerja kedua laboratorium ini. Tak hanya itu, para mahasiswa tampak antusias memborong beberapa makanan cemilan yang dijajakan di EEC. (fadhli)