Studi Banding FKIP UMM Lampung ke FE UNY

Delegasi dari Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Lampung berkunjung ke sejumlah fakultas di UNY, di antaranya Fakultas Ekonomi (FE) pada Rabu (5/10) kemarin. Wakidjo, M.Pd dan Siti Suprihatin, M.Pd dari Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UMM Lampung diterima oleh segenap jajaran dekanat serta dosen dari jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Kunjungan ini dimaksudkan sebagai ajang saling berbagi pandangan seputar kurikulum di jurusan terkait. Kedua pihak mendiskusikan bagaimana kurikulum Pendidikan Ekonomi selama ini berjalan serta berbagai perkembangan yang terjadi dalam dunia ekonomi mempengaruhi dinamika kurikulum.

Wakidjo menjelaskan, studi banding kurikulum ini diperlukan mengingat tuntutan dunia usaha juga terus bertambah. “Di sekolah, guru-guru juga menjelaskan beberapa hal yang ternyata masih perlu diajarkan dan belum tertuang dalam kurikulum sekolah. Oleh karena itu, studi ini bisa membantu kami merumuskan kurikulum yang lebih baik,” terang Wakidjo.

Dosen Pendidikan Ekonomi FE UNY, Daru Wahyuni, M.Si mengatakan, secara umum, teori dirancang selesai dalam 6 semester di UNY. “Selama waktu itu, mahasiswa diharapkan telah menempuh 144-160 SKS. Ada beberapa konsentrasi pilihan yang bisa diambil guna membantu calon lulusan yang berminat memfokuskan pada satu masalah khusus,” urai Daru.

“Selain itu, menyikapi perkembangan di dunia usaha, kami juga menyediakan mata kuliah seperti Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan bagi calon guru mata pelajaran tersebut, Pasar Modal, Agroindustri, serta Kewirausahaan. Khusus kewirausahaan juga tidak hanya teori tetapi praktik pun kami berikan. Mereka diberikan tugas pendirian student company secara berkelompok. Tidak heran, sebagian mahasiswa kami sudah memiliki bisnis sejak mereka masih kuliah,” tambah Daru.

Secara umum, kurikulum kedua pihak tidak jauh berbeda. “Di perguruan tinggi Muhammadiyah, kami tambahkan mata kuliah-mata kuliah kemuhammadiyahan dan keislaman,” tukas Wakidjo. Dekan FE UNY menyampaikan, FE UNY siap bekerja sama untuk mengembangkan kurikulum di UMM Lampung. “Jika diperlukan, kami berangkatkan dosen kami ke sana untuk berbagi pengembangan kurikulum,” kata Sugiharsono. (fadhli)