SMA N 1 Sleman Juara “The Best Performance” dan “The Best Student Company”

Enam perusahaan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta berlomba dalam “Yogyakarta Student Company Competition 2013” yang diselenggarakan kerjasama Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY), Prestasi Junior Indonesia dan GE Lighting pada Kamis (23/5) di LPPM UNY. Kompetisi ini guna meraih predikat Perusahaan Siswa Terbaik wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdasarkan keterampilan dan Inovasi Bisnis. Lomba kali ini mencakup presentasi rencana bisnis, lomba gelar produk hasil karya Siswa SMA dan SMK dan kreatifitas seni dari perusahaan siswa. Para peserta juga berkesempatan untuk memamerkan dan menjual produk atau jasa mereka kepada khalayak umum sekaligus berinteraksi dengan masyarakat luas dan mempresentasikan rencana bisnis mereka. Acara dihadiri pula oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Gufron, Direktur Eksekutif PJI Robert Gardiner, Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono, M.Si., Ketua PPK LPPM UNY Dr. Endang Mulyani, M.Si serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Pada kesempatan kali ini SMA N 1 Sleman berhasil meraih juara “The Best Performance” dan “The Best Student Company”.

Kepala LPPM UNY Prof. Dr. Anik Gufron mengemukakan, program itu sebagai program penunjang yang bertujuan untuk memberikan bekal bagi para siswa setingkat SMK atau SMA. Pemberian bekal yang ada dalam program itu menjadi bekal yang berbentuk keterampilan serta semangat untuk dapat memiliki mental kemandirian. Sehingga kelak akan berhasil menjadi seorang wirausaha yang profesional. Pihaknya akan selalu bergandengan tangan dengan pihak lain selaku mitra dalam upaya meningkatkan kualitas dan peran UNY bagi peningkatan kualitas pendidikan.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi UNY Dr. Sugiharsono mengemukakan, kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi berbagai sekolah untuk dapat lebih mengembangkan bidang kewirausahaan di sekkolah masing-masing serta menjadi pemicu bagi sekolah-sekolah untuk lebih mempersiapkan siswa didik hingga mendapat kemampuan dan keterampilan maksimal dalam kewirausahaan.

Yogyakarta Student Company Competition 2013 adalah puncak kompetisi bagi siswa-siswi perwakilan dari 6 sekolah SMA dan SMK di wilayah DIY dan menjadi langkah awal menuju kompetisi nasional serupa yang akan diadakan di Jakarta pada 21-22 Juni 2013 mendatang. Enam perusahaan siswa tersebut yaitu SMA N 1 Sleman, SMK N 2 Depok, SMK N 1 Godean, SMK N 1 Seyegan, SMK N 1 Depok dan SMK N 7 Yogyakarta.

Program Student Company ini didanai oleh GE Foundation, sebuah yayasan dari perusahaan GE Indonesia (General Electric Indonesia), ini merupakan program pendidikan dan pelatihan di bidang kewirausahaan bagi para siswa tingkat SMA dan SMK dimana mereka akan terjun langsung ke dalam dunia usaha sebagai pengelola sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Program Student Company dan berbagai kegiatan penunjangnya bertujuan untuk memberikan bekal bagi para mereka siap dan mampu menghadapi tantangan ekonomi global di masa yang akan datang, demikian disampaikan Robert Gardiner Direktur Operasional Prestasi Junior Indonesia.

Lanjut Robert, diharapkan siswa-siswi yang berpartisipasi dalam program perusahaan siswa menyadari untuk mempersiapkan diri demi masa depan yang lebih baik. kompetisi ini sangatlah penting bagi mereka untuk kesempatan menunjukkan usaha mereka dalam lingkungan kompetitif. Ini adalah langkah kelanjutan dari pendidikan kewirausahaan yang diterima siswa di sekolah. (Isti)