Sistem Online Bukan Pengganti Bimbingan Manual

Peralihan dari luring ke daring makin gencar. Era disrupsi salah satunya ditandai dengan berkembangnya teknologi secara pesat. Kesadaran akan kepedulian lingkungan yang meningkat serta teknologi online yang mulai menggeser offline melahirkan inovasi paperless di banyak bidang, tak terkecuali perguruan tinggi. Setelah sejak lama mengembangkan kuliah online, kini pembimbingan tugas akhir juga bisa dilakukan secara daring. Demikian Dekan Fakultas Ekonomi (FE) UNY Sugiharsono sampaikan di hadapan 150 mahasiswa FE dari D3 Kampus Wates, Kamis (15/3) kemarin.

Sugiharsono melanjutkan, dengan adanya fasilitas pembimbingan online dari UNY, mahasiswa D3 di Kampus Wates akan lebih mudah mengatur waktu. “Tidak perlu repot-repot pergi ke kampus pusat di Karangmalang. Cukup lewat komputer atau bahkan ponsel pembimbingan bisa dilakukan,” terangnya.

Pemateri pelatihan dari Pusat Komputer (Puskom) UNY, Aam Abraham Siang menegaskan bahwa sistem online ini diciptakan untuk memudahkan mahasiswa UNY dalam melakukan bimbingan tugas akhir. “Tetapi sistem ini bukanlah pengganti bimbingan offline. Mahasiswa juga tetap harus menemui dosen secara manual. Sistem bimbingan online sifatnya membantu dalam pencatatan. Dengan melakukan sistem bimbingan online, semuanya akan dicatat oleh sistem. Sistem ini bisa diakses dari mana saja, baik melalui laptop maupun smartphone,” terang Aam.

Untuk mengakses menu pembimbingan online, para mahasiswa dipandu oleh beberapa admin puskom dalam membuka menu-menu di sistem. Sistem tersebut memungkinkan para mahasiswa dan dosen berinteraksi sehingga proses pembimbingan dapat berjalan lancar dan tetap tercatat secara administratif. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pengelola UNY Kampus Wates Bambang Saptono. (fadhli)