Sharing & Kunjungan Akademik FEB UPI Bandung Ke FE UNY

Dalam rangka memenuhi suatu proses pembelajaran pada mata kuliah strategi belajar dan pembelajaran pendidikan ekonomi sebanyak 82 mahasiswa semester 4 Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FEB UPI) Bandung melakukan sharing dan kunjungan akademik ke Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) pada Rabu (20/3) di ruang auditorium FE UNY. Dengan kunjungan ini kami harapkan kita bisa saling bertukar pikiran tentang proses pembelajaran yang ada di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY sehingga bilamana nanti ada yang positif dan menarik yang metode pembelajaran yang digunakan disini berbeda dengan pembelajaran yang ada di FEB UPI kita bisa mengadopsinya. Kunjungan ini juga sebagai ajang silaturrahmi dan semoga mahasiswa kami mendapatkan pencerahan, demikian disampaikan Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FEB UPI Dr. Ika Putra Waspada, MM.

Menyambut hal tersebut Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY Dra. Daru Wahyuni, M.Si. menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami. Semoga nantinya kedua belah pihak dapat memanfaatkan kunjungan ini untuk saling sharing dan berbagi mengenai metode pembelajaran, media pembelajaran serta strategi belajar mengajar pendidikan ekonomi sehingga nantinya bisa diaplikasikan demi kebaikan kita bersama dan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sementara Dosen pengampu mata kuliah media pembelajaran Pendidikan Ekonomi FE UNY Tejo Nurseto, M.Pd. dalam menjamu tamu dari FEB UPI Bandung mengatakan bahwa pembelajaran di kelas harus kita buat yang menyenangkan sehingga peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tidak bosan karena selalu ada pembaharuan dalam metode dan media pembelajaran yang kita gunakan. Membuat metode dan media pembelajaran yang berbeda tidak biasa dilakukan oleh semua orang memang sangat tidak nyaman diawalnya namun setelah kita mencoba terus tentu akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan.

Sebagai contoh saya menerapkan metode pembelajaran di kelas dengan memotivasi di awal pembelajaran dengan terlebih dahulu peserta didik kita ajak untuk yel-yel, berjoget sambil berdendang memang di awal serasa sulit dan tidak nyaman namun hal itu tetap saya lakukan supaya peserta didik juga termotivasi dan bisa lebih percaya diri alhasil peserta didik merasakan kenyamanan sampai akhir pembelajaran peserta didik akan selalu bersemangat dan termotivasi mengikuti pembelajaran di kelas, ujar Tejo. (Isti)