Seminar Nasional: Kesiapan SDM pada Sektor Pendidikan Menghadapi MEA 2015

Tahun 2015 merupakan tahun di mana era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlaku. Tentunya semua pihak harus siap menghadapi MEA agar mampu bersaing di tingkat internasional. Begitu juga bagi para pendidik dan calon pendidik. Diharapkan, mereka mampu beradaptasi dengan calon pendidik dari luar negeri. Sebagai salah satu sarana agar pendidik, calon pendidik, dan masyarakat umum lebih mengetahui mengenai MEA, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi menyelenggarakan seminar nasional yang bertema “Kesiapan SDM pada Sektor Pendidikan Menghadapi MEA 2015.” Seminar nasional yang diketuai oleh M Izzudin Al Azzam ini dilaksanakan pada Minggu (26/04), di Auditorium Fakultas Ekonomi UNY. Acara ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa, guru, dan umum. Pembicara yang dihadirkan pada seminar nasional 2015 ini di antaranya adalah Dr. Abi Sujak, M.Sc yang merupakan sekretaris badan pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan dan penjamin mutu pendidikan.

Pembicara kedua diisi oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, guru besar pascasarjana UNY dan juga merupakan tim penulis pengembangan profesi. Pembicara ketiga yaitu kepala sekolah SMA N 8 Yogyakarta, Drs. Munjid Nur Alamsyah, M.M., dan merupakan kepala sekolah berprestasi se-DIY tahun 2011. Para pemateri memaparkan mengenai keadaan pendidikan di Indonesia dan bagaimana upaya yang harus dilakukan pendidik dalam menghadapi MEA 2015. “MEA sebentar lagi akan dimulai maka hambatan untuk masuk ke Indonesia baik barang, jasa termasuk pendidikan yang dikelola asing akan tumbuh. Dalam pendidikan menimbulkan rasa cemas, harapan, tantangan, dan peluang untuk meningkatkan diri sekolah dengan aktif melakukan peningkatan di berbagai bidang,” tutur Munjid.

Acara dimulai pada pukul 08.00-13.00 WIB. Selain pemaparan materi dari pembicara juga diberikan sesi tanya jawab oleh peserta. Diksicoustic dan Diksi Voice juga ikut memeriahkan seminar nasional kali ini. Dengan adanya acara “Seminar Nasional” ini semoga Indonesia semakin siap lagi menghadapi era MEA 2015. Indonesia Bisa! (Niken)