Secretik Rangkum Mata Kuliah Event Organizer D3 Sekretari

Mahasiswa-mahasiswi D3 Sekretari 2016 yang tergabung dalam event organizer Fortary menyelenggarakan acara public speaking bertajuk “SECRETIK” (Solidarity of Secretary in Kulon Progo) di UNY Kampus Wates, Minggu (9/12) lalu.. SECRETIK bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat pelajar, mahasiswa dan umum dalam mengembangkan ketrampilan public speaking. SECRETIK terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu workshop Grooming and Public Speaking, lomba grooming and public speaking, lomba video, lomba yel-yel, dan acara penutup yakni Secretik Night Concert. Kegiatan tersebut merupakan output dari mata kuliah Event Organizer di bawah bimbingan dosen pengampu Chusnu Syarifa Diah Kusuma, M.Si.

Workshop Grooming and Public Speaking dibuka oleh Dina Faizah selaku ketua pantia SECRETIK 2018 dan diikuti oleh 200 peserta dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan umum. Tema workshop yaitu “Be Passion, show your quality through public speaking,” dengan menghadirkan 3 pembicara. Pembicara pertama dan kedua membahas mengenai fashion dan grooming yaitu Indra Gunawan yang merupakan trainer lomba grooming and public speaking dan sekaligus guru dari SMK N 1 Pandak Bantul. Sedangkan pembicara kedua yang sekaligus merupakan alumni D3 Sekretari UNY dan Putri Pendidikan Jawa Barat 2018 adalah Nura Azizah Zahra. Pembicara utama yaitu Risma Kusumanendra membahas mengenai skill public speaking.

Semua tema lomba yang diadakan bertemakan Stop Hoax dengan tujuan untuk mengurangi dan mencegah pembuatan serta penyebaran konten-konten hoax di Indonesia mengingat banyaknya dampak buruk yang akan terjadi jika berita hoax masih marak. Lomba grooming and public speaking diikuti oleh 14 peserta dari UNY, UGM, UNS, UTY, SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, SMK Muhammadiyah 1 Wates, dan  SMK N 1 Pengasih.

Pemenang lomba grooming and public speaking terdiri dari 5 kategori, yaitu Juara 1, 2, 3, best speaker, dan best performance. Best speaker diraih oleh Risqi Cahyani dari SMK Muhammadiyah 1 Wates, best performance oleh Riski Setiadi dari Universitas Gunadarma Jakarta, Juara 3 yaitu Eviga Utami Avianti dari UGM, Juara 2 oleh Odilia Herlita Puspa Dewi, dan Juara 1 diraih oleh Muhammad Rais Munix.

Lomba berikutnya merupakan lomba yel-yel yang diikuti oleh 3 tim dari SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, SMK N 2 Pengasih, dan SMK Ma’arif 2 Sleman. Lomba ini menarik perhatian khusus karena peserta membawa atribut yang unik dan menampilkan kekompakan tim yang solid. Pemenang lomba ini yaitu dari SMK Ma’arif 2 Sleman yang diwakili oleh guru dari SMK Ma’arif 2 Sleman.

Lomba yang ketiga yaitu lomba video. Lomba ini memiliki 3 pilihan subtema yaitu stop hoax, stop cyber bullying, dan kampanye damai. Peserta berasal dari sekolah dan kampus ternama di Indonesia, di antaranya UNY, UTY, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas PGRI Madiun, Sekolah Tinggi MMTC Yogyakarta, Politeknik Negeri Bali, Unersitas Airlangga, Universitas Hasanudin, SMK Mutiara Baru, MAN 2 Ponorogo, SMK N 7 Yogyakarta, SMA N 1 Banyumas, SMA Kesatuan Bangsa, dan SMA N 1 Semapura. Konten video yang dibuat oleh peserta sangat menarik dan menampilkan teknik pengambilan video yang bervariasi.

Dari 31 tim peserta lomba video, tim yang berhasil mendapatkan juara yaitu favorit juri 1 diraih oleh Universitas Serang Raya, favorit juri 2 oleh Universitas Airlangga, juara 3 dari Politeknik Negeri Jakarta, juara 2 diraih oleh tuan rumah UNY, dan juara 1 diraih oleh Sekolah Tinggi “MMTC” Yogyarta. Para pemenang mendapatkan uang pembinaan, medali/piala dan sertifikat yang diserahkan oleh Wahyu Risdiyanto, MM., selaku perwakilan juri dari lomba video.

Secretik Night Concert merupakan acara penutupan mata kuliah event organizer, sekaligus malam penghargaan bagi pemenang lomba-lomba, dan konser yang menampilkan talenta-talenta lokal DIY. Acara penutup ini diselenggarakan di halaman GLA UNY Kampus Wates pada pukul 19.30 hingga 23.00 WIB dan berhasil menyita perhatian dari mahasiswa-mahasiswi lingkungan kampus UNY Wates. Acara ini merupakan acara penutupan event organizer setelah 3 event dari 4 kelompok event organizer D3 Sekretari UNY 2016 dan dilakukan pemutaran video all event organizer. Serangkaian acara SECRETIK ditutup dengan penampilan puisi oleh Satulana, penampilan stand up comedy, dan band-band lokal DIY seperti Hi-Volt, New ThreeJell, Friendly Band, dan guest star yaitu FIESKA. Terdapat stand-stand bazar di sekitar lokasi dan acara berlangsung dengan seru dan menarik. (nov/cs)