Satu Jam Mengenal Fakultas Ekonomi

Bersamaan dengan rangkaian Dies Natalis ke-2 Fakultas Ekonomi (FE) UNY, JogjaTV menggelar acara Talkshow yang menghadirkan para narasumber dari FE UNY pada Rabu malam (19/06) lalu. Bertempat di Studio JogjaTV, Dekan, Dr. Sugiharsono, M.Si., Wakil Dekan I, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd.,M.M., Tim Pengembang Kemitraan Luar Negeri, Dr. Nahiyah Jaidi Faraz, M.Pd., dan Kepala Laboratorium Entrepreneur Education Center, Dr. Endang Mulyani, M.Si, menjadi narasumber utama dari Fakultas Ekonomi. Dalam talkshow yang bertemakan “Ekonomi Kerakyatan dan Kewirausahaan untuk Pemberdayaan Masyarakat” ini, turut hadir pula Losina Purnastuti, Ph.D., dosen di Jurusan Pendidikan Ekonomi yang mendapatkan penelitian bernilai milyaran rupiah dari AusAID, para mahasiswa unggulan, para kajur dan kaprodi, serta jajaran Kabag dan Kasubbag di lingkup FE.

Sebagai fakultas penghasil sarjana ekonomi dan pendidikan, FE ingin melahirkan para lulusan yang peduli dengan rakyat. Oleh karena itu, Ekonomi Kerakyatan menjadi konsep yang mereka usung. “Dan untuk itu, kami siap melakukan konstruksi kurikulum kami pada tahun ajaran mendatang untuk mengoptimalkan pemahaman tentang ekonomi kerakyatan,” papar Sugiharsono.

Sementara itu, mendapat giliran pertanyaan, Moerdiyanto menjelaskan banyak hal mengenai Tax Center yang ada di FE UNY, serta menjelaskan program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan fakultas. “Salah satu yang sukses adalah Sugeng Parjiyanto, mantan TKI yang kini menjadi Ketua Asosiasi TKI ‘Purnamaju’ dan mendirikan UKM untuk menjalankan usahanya,” terangnya sambil mengenalkan sosok Sugeng dari deretan kursi penonton di studio.

Waktu satu jam terasa sangat singkat karena banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Selain pertanyaan dari pembawa acara, Ninda Nindiani, M.A., sejumlah SMS (Short Message System) juga berdatangan masuk, namun hanya sebagian saja yang dibacakan. Selain dialog, talkshow juga diselingi hiburan yang pada kesempatan malam itu menghadirkan band dari Fakultas Ekonomi bernama Nominal Band. (fadhli)