Presentasi di Thailand, Mahasiswa UNY Jadi Delegasi Termuda

Foto Bersama

Adalah Siti Maesyaroh (Manajemen 2011),  Hardika Dwi Hermawan (P. Teknik Informatika 2011) dan Yuanda Putra Perdana (Manajemen Pemasaran D3 2013) yang menjadi delegasi Indonesia dalam acara International Conference on Informatics, Environment, Energy, and Applications (IEEA) 2015 di Pattaya Thailand. Acara yang diselenggarakan dari tanggal 28-29 Maret 2015 ini dihadiri lebih dari 64 delegasi tiap negara. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, India, Nigeria, Australia, Jepang, Taiwan, Jerman, Singapura, Hungaria, Rusia, dan Thailand. Masing-masing membawa hasil penelitian di tiap negaranya untuk dipresentasikan kepada peserta yang hadir.

Satu-satunya delegasi Indonesia ini mendapatkan apresiasi yang besar dari Conference Chair, Prof. Nopbhorn Leeprechanon, Executive Committee, IEEE-PES Thailand Chapter and Unit Head of Power System Planing and Energy Policy Research. Beliau memberikan apresiasi selain karena presentasi karya yang dipaparkan juga karena delegasi UNY merupakan delegasi paling muda. Sementara, peserta yang lain kebanyakan telah bergelar profesor atau minimal menempuh master.

May, begitu Siti Maesyaroh biasa disapa, beserta Yuanda dan Hardika, dalam konferensi kali ini mengangkat tema computer and information processing technology dengan mengangkat masalah pemasaran produk UMKM di wilayah Yogyakarta. Yogyakarta merupakan salah satu wilayah Indonesia yang sangat potensial untuk dikembangkan. Selain merupakan destinasi tempat wisata favorit kedua setelah bali, Yogyakarta juga memiliki lebih dari 7.000 UMKM di Yogyakarta. Dengan kondisi seperti itu, tentu menjadi sebuah peluang besar, apalagi dengan diperlakukan ASEAN Economics Community pada akhir tahun ini.

Dengan memperkenalkan produk-produk tersebut kepada khalayak, terutama turis, tentu akan membantu para UMKM untuk mengembangkan produknya. Media yang diangkat oleh TIM UNY ini adalah katalog interaktif untuk mengenalkan produk UMKM Yogyakarta. Dengan katalog tersebut, para pembaca bisa melihat lebih detail jenis-jenis produk yang disampaikan.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar. Selain berkesempatan untuk mempresentasikan paper, kami juga mendapatkan pengalaman luar biasa dari Plenary Speech dan juga dari peserta lain. Dalam mengikuti IEEA ini, kami juga mendapat dukungan penuh dari Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, FIF, dan Cargill,” tutur May sesampainya di Indonesia awal April ini. (fadhli/may)