Praktik Kunjungan Lapangan Universitas Sriwijaya di FE UNY

Yulia Djahir dan Dewi Pratita dari Unsri

Mahasiswa perlu dikenalkan dengan dunia nyata yang sesungguhnya, agar mereka mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh. Hal ini perlu agar mereka makin memahami ilmu pengetahuan, serta memiliki kemampuan yang memadai ketika berada di kehidupan yang sesungguhnya. Untuk tujuan itulah, sebanyak lebih dari 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya (Unsri), Indralaya, Palembang, berkunjung ke Fakultas Ekonomi UNY Selasa (14/5) lalu. “Kami sering berkunjung ke sini dan sangat menyukai UNY,” ungkap Dra. Yulia Djahir, MM., Ph.D., selaku ketua rombongan dalam sambutannya.

Sementara itu, Abdullah Taman, S.E. Akt., M.Si. yang menyambut tamu mewakili Jurusan Pendidikan Akuntansi FE UNY mengucapkan terima kasih kepada segenap rombongan, dan berharap agar kunjungan ini makin mempererat silaturrahmi di antara kedua belah pihak, serta memperkenalkan beberapa dosen yang hadir di Ruangan Auditorium tersebut.

Dalam paparannya, Dra. Yulia Djahir, MM., Ph.D. memperkenalkan program studinya. Di Unsri, Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi tergabung dalam Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial bersama dengan 2 program studi lainnya, yaitu Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan PKn. Selain itu, terdapat pula kelas ekstensi untuk ketiga program studi tersebut.

“Tujuan kami ke FE UNY ini adalah untuk mengetahui laboratorium-laboratorium di Fakultas Ekonomi, dan juga mengenai praktik dan sistem Akuntansi yang diajarkan di sini,” jelasnya. “Setelah ini, kami masih melanjutkan perjalanan ke Bandung dan Jakarta untuk memperlihatkan berbagai industri dan pasar kepada para mahasiswa kami,” lanjut lulusan S3 Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia ini.

“Meskipun kami sering bertandang ke sini, tetapi tentu mahasiswanya selalu berbeda. Oleh karena itu, kami berharap para mahasiswa kami bisa mendapatkan berbagai hal baru dalam Praktik Kunjungan Lapangan kali ini,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan profil jurusan oleh Kaprodi Akuntansi, Dhyah Setyorini, M.Si. Ak. dan bertukar kenang-kenangan. (fadhli)