Perlunya Sinergitas Perbankan-PT dalam Mendorong UMKM Mahasiswa

Siti May

Rabu (11/12) lalu, salah satu pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Al Fatih Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Siti Maesyaroh (Manajemen 2011) meraih juara 3 lomba karya tulis Bank BPD DIY. Lomba itu diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun Bank BPD DIY yang ke-52. Dalam lomba itu ia mengambil tema “Sinergitas Perbankan dalam Meningkatkan Pertumbuhan UMKM-Mahasiswa di Yogyakarta”. Menurutnya, geliat entrepreneurship di kalangan anak muda (mahasiswa) saat ini menjadi harapan di tengah-tengah masalah pengangguran yang masih mendera negeri ini. Apalagi, perguruan tinggi juga sering disebut-sebut sebagai “penghasil tenaga pengangguran”. Data BPS menyebutkan setidaknya 5,91% dari total pengangguran adalah lulusan sarjana. Sementara itu, jumlah wirausahawan muda sampai saat ini hanya mencapai 0,18% dari total penduduk Indonesia.

Dengan fakta tersebut, peluang untuk berkembangnya UMKM mahasiswa masih sangat terbuka lebar karena saat ini Indonesia memiliki 4,8 juta jiwa mahasiswa dari total kurang lebih 3000 perguruan tinggi swasta dan negeri yang ada. Di wilayah Yogyakarta sendiri terdapat sekitar 116 perguruan tinggi dan sekolah tinggi. Tentu kondisi ini dapat memberikan peluang besar bagi lembaga keuangan mikro dan perbankan dalam meningkatkan perannya untuk mengakselerasi perkembangan UMKM mahasiswa.

Dengan kondisi itulah Siti Maesyaroh membuat sebuah konsep pembiayaan UMKM mahasiswa melalui sinergi antara perbankan dan mahasiswa. “Dengan adanya karya tulis tersebut, harapannya sinergitas antara pihak perbankan dan perguruan tinggi akan ditingkatkan, sehingga akan lebih banyak lagi UMKM Mahasiswa yang bermunculan. Dengan demikian, lulusan perguruan tinggi tidak hanya semata-mata termotivasi untuk mencari pekerjaan namun untuk menciptakan lapangan kerja baru,” paparnya. (fadhli)