Pelatihan Pelayanan Prima FE UNY Akrabkan Keluarga Dosen dan Karyawan

Guna memberikan penyegaran kembali kepada para seluruh dosen dan karyawan sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima pada Sabtu—Minggu (29—30/8) lalu. Bertempat di Tawangmangu, kegiatan ini juga bertujuan untuk sarana silaturrahim antar keluarga dosen dan karyawan. Oleh karena itu, setiap karyawan dipersilakan membawa anggota keluarganya. Demikian diungkapkan Ketua Panitia Drs. Budi Sulistya dalam laporannya di hadapan lebih dari 170 hadirin.

“Ini adalah akhir dari periode kepengurusan kami di dekanat. Dengan diadakannya acara ini, kami harap seluruh keluarga dosen dan karyawan bisa mengenal kami lebih dekat dan saling mengenal dengan keluarga satu sama lain,” ujar Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si.

Sugiharsono yang menjadi pemateri pelatihan sesi pertama menjelaskan bahwa kualitas kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) terdiri dari tiga unsur. “Unsur pertama yaitu kualitas dasar yang tersusun atas Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Fisik. Unsur kedua, yaitu kualitas instrumen yang terdiri dari kompetensi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga atau IPTEKSOR. Unsur yang terakhir yaitu kualitas kewilayahan. Artinya, seseorang juga harus memahami nilai-nilai lokal atau daerah setempat, nasional atau keindonesiaan, dan internasional,” urai dekan yang baru terpilih untuk periode keduanya ini.

Pada sesi selanjutnya, Wakil Dekan I Nurhadi, MM menjelaskan, setiap individu harus bisa bekerja dan melayani secara optimal. “Ada tiga indikator kesuksesan kita dalam melayani, yaitu kepuasan mahasiswa, kepuasan karyawan, dan kepuasan atasan,” ujarnya.

“Kita juga harus bisa menjadi sosok yang Reliable CARE. Reliable yaitu melakukan apa yang Anda janjikan secara tepat waktu, secara benar pada saat pertama kali, dan 100% konsisten. CARE yaitu Credible, dapat dipercaya, Attractive, berpenampilan menarik, Responsive, cepat tanggap, dan Emphatic, peka terhadap pelanggan,” tambah Nurhadi.

Wakil Dekan II M. Djazari, M.Pd. menyoroti kedisiplinan pegawai. Sedangkan Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd., yang juga berperan selaku moderator acara memberikan siraman motivasi seputar kinerja dalam sebuah tim. “Sebuah tim yang efektif akan memiliki enam ciri-ciri, yaitu tujuan yang jelas, komunikasi yang efektif, pemimpin yang tanggung jawab, kejelasan peran tiap anggota, keputusan yang diambil secara konsensus, dan iklim yang kondusif,” ujar Siswanto.

Di hari Minggu pagi, segenap keluarga dilibatkan dalam serangkaian lomba yang mengasah keterampilan dan menghibur seperti lomba berjalan sambil menjepit balon, lomba membawa kelereng dalam sendok yang dimasukkan ke mulut, dsb. Semua anggota keluarga baik yang muda maupun tua diajak untuk turut serta sehingga menambah akrab suasana pagi itu. Selain itu, sebelum acara usai para peserta pelatihan bersama keluarga diajak menjelajahi ikon Tawangmangu air terjun Grojogan Sewu. (fadhli)