Pelatihan Anbuso Menyiapkan Pendidikan Modern dan Objektif

anbuso

Salah satu masalah guru dalam melaksanakan proses KBM adalah mengevaluasi peserta didik. Selama ini guru sering kesulitan dalam menilai, menganalisis soal, hingga memahami kebutuhan siswa mengenai materi apa yang sulit dipahami dan sistem remedial yang perlu digunakan. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HMPE) UNY menyelenggarakan Workshop Pelatihan Penilaian Pembelajaran yang bertemakan “Mewujudkan Pendidikan Modern yang Obyektif dengan Software AnBuso” pada Sabtu (28/03) lalu. Kegiatan yang bekerja sama dengan Jurusan Pendidikan Ekonomi UNY ini dihadiri puluhan peserta yang berasal dari guru dan mahasiswa. Mereka belajar menggunakan Software AnBuso langsung dari penciptanya yaitu Ali Muhson, M.Pd.

Acara yang bertempatkan di Auditorium Fakultas Ekonomi ini bertujuan untuk mengenalkan dan menyebarluaskan Software AnBuso di kalangan Guru. AnBuso adalah singkatan dari Analisis Butir Soal, sebuah software yang memudahkan guru dalam menganalisis butir-butir soal, mulai dari tingkat kesulitan soal, daya beda, hingga mengetahui kebutuhan peserta didik akan materi yang dianggap sulit. Seorang guru dapat mengetahui dengan mudah peserta didik mana yang masih mengulang, materi mana yang masih perlu dibahas ulang, ataupun soal apa yang perlu direvisi. Tidak hanya itu, peserta didik pun dapat mengetahui kompetensi yang dimilikinya dengan melihat hasil dari analisis butir soal dalam suatu mata pelajaran.

Tidak tanggung-tanggung, Ali Muhson selaku pencipta software AnBuso ini menggunakan prinsip mudah dan murah. Kenapa? Pertama, software ini sangat mudah digunakan dan diaplikasikan oleh tiap guru di sekolah mana pun karena pada dasarnya software ini menggunakan aplikasi pengolah angka yang sangat familiar bagi guru yaitu Microsoft Excel, beliau dengan sedemikian rupa menciptakan rumus-rumus untuk mempermudah dalam pengaplikasiannya. Kedua dan yang utama adalah aplikasi ini gratis alias tidak berbayar. Cara mendapatkannya pun cukup mudah, dengan membuka web http://blog.uny.ac.id/alimuhson dan memilih pemesanan AnBuso secara gratis, kemudian software akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan di web tersebut.

Antusiasme dari peserta pun cukup tinggi, mulai dari yang masih mahasiswa sebagai calon guru, yang sudah menjadi guru muda, hingga yang sudah sepuh pun hadir sebagai peserta workshop PPP ini. “Acara ini sudah cukup bagus, ibaratnya mudah sekali dalam menggunakan aplikasinya walaupun belum 100% paham. Namun pemateri sudah cukup bagus,” begitu komentar Nurul Hidayati salah satu peserta dari SMK 1 Sedayu.

Senada dengan peserta, Ali Muhson selaku pembicara juga mengapresiasi berjalannya kegiatan tersebut. “Awalnya saya ragu mengenai peserta, jangan-jangan malah tidak ada yang daftar, tetapi ternyata setelah satu minggu publikasi, peserta sudah mencapai hingga 50 dan menjelang hari H sudah melebihi kapasitas. Saya malah kaget atas respon peserta yang positif ini,” tutur dosen Pendidikan Ekonomi UNY tersebut. (Haslita/Desta)