Pelatihan Analisis Butir Soal dan Program Remedial dengan Software AnBuso

Baru-baru ini telah diselenggarakan kegiatan pelatihan analisis butir soal dan program remedial dengan software AnBuso di FE UNY pada tanggal 12 dan 13 Juli 2012. Peserta pelatihan adalah guru Ekonomi anggota MGMP SMA di DIY yang berjumlah 30 orang. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Seorang peserta Tri Ismiyati merasa senang dengan software ini karena lebih sederhana dan memudahkan guru dalam melakukan analisis soal, yang pada akhirnya akan memperbaiki kualitas pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan berdasarkan analisis bahwa kegiatan evaluasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pendidikan dan pengajaran karena dari hasil evaluasi ini dapat diketahui tingkat keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Evaluasi dapat memberikan informasi yang dapat dijadikan masukan bagi proses pendidikan dan dapat dipergunakan sebagai pedoman perbaikan bagi proses pendidikan selanjutnya.

Guru sebagai pengendali proses pembelajaran perlu mengetahui persyaratan-persyaratan dan prosedur-prosedur dalam penyusunan tes yang baik. Namun pada kenyataan sebagian besar guru belum memperhatikan hal tersebut di atas. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengembangkan sebuah tes yang baik, yaitu tes yang memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu (tes terstandar). Pada umumnya guru dalam membuat alat evaluasi hanya mendasarkan pada materi yang telah diberikan, namun belum melakukan pengkajian secara mendalam terhadap performance tes yang dibuatnya, artinya guru tersebut kurang memperhatikan unsur-unsur validitas dan reliabilitas tes, daya beda butir tes, tingkat kesulitan butir tes, dan efektivitas distraktornya. Jika unsur-unsur di atas diperhatikan dalam pembuatan tes diharapkan dapat menghasilkan pengukuran yang objektif sehingga benar-benar menggambarkan tingkat kemampuan siswa dalam menguasai seluruh materi yang telah diberikan.
Selama ini memang sudah banyak software yang dikembangkan untuk keperluan analisis butir soal seperti ITEMAN, RASCAL, ASCAL, BILOG, FACETS dan CONQUEST, namun pada kenyataannya kemampuan guru untuk menguasai software tersebut sangat kurang memadai. Hal itu terjadi karena di samping software tersebut berbahasa asing sehingga sulit untuk memahami cara penggunaannya, software tersebut juga cukup rumit untuk digunakan dan kurang praktis dan aplikatif. Informasi yang diberikan dalam software tersebut juga sangat beragam sehingga mempersulit guru untuk menguasainya. Guna mengatasi kelemahan terutama dalam penguasaan bahasa, ada juga yang telah mengembangkan software yang berbahasa Indonesia, seperti SPS dan ANATES, namun software tersebut juga tidak banyak digunakan guru karena terkendala teknis dan kurang aplikatif.

Untuk memenuhi kebutuhan software yang aplikatif dalam melakukan analisis butir soal, sudah dikembangkan software baru yang dalam penggunaannya mudah untuk dipahami guru. Software tersebut adalah AnBuso (Analisis Butir Soal) yang dikembangkan oleh Ali Muhson dengan program aplikasi Microsoft Excel. Program aplikasi Excel tentu sangat familiar di kalangan guru karena sudah banyak dipakai di berbagai kalangan. Dengan memanfaatkan kepopuleran program aplikasi tersebut akan mempermudah penggunaannya.
Dalam software AnBuso tersebut dapat diketahui baik tidaknya soal yang dibuat guru, baik dari sisi daya beda, tingkat kesulitan, maupun efektivitas distraktornya. Di samping itu dalam software tersebut juga memberikan informasi tentang kemampuan seluruh siswa dan tingkat ketercapaian KKM. Software ini juga dirancang untuk mampu mengidentifikasi dan mengelompokkan siswa yang masuk dalam program remedial berdasarkan materi yang belum dikuasai sehingga akan mempermudah guru dalam pelaksanaan program remedial.

Saat ini banyak guru yang mengalami kesulitan untuk melakukan analisis butir soal karena software yang ada karena cukup rumit dan hasil analisisnya tidak dapat langsung dicetak dalam format laporan. Dengan software AnBuso memungkinkan guru dapat langsung mengetahui hasil analisis butir soal dan sekaligus langsung tercetak dalam format laporan yang siap untuk ditandatangani guru dan kepala sekolah, dengan begitu guru akan sangat terbantu dalam membuat administrasi guru, khususnya yang berkaitan dengan laporan analisis butir soal dan ulangan harian.
AnBuso sudah mengalami revisi berkala-kali dan pelatihan kali ini adalah untuk AnBuso Versi 4.4. Ali Muhson, pencipta software ini mengungkapkan bahwa AnBuso akan terus diperbaiki dan disempurnakan agar benar-benar mampu membantu guru memenuhi kebutuhannya dalam melakukan analisis butir soal yang praktis dan aplikatif. Bagi bapak ibu guru yang berkeinginan untuk mendapatkan software AnBuso secara free silakan kirim identitas ke email alimuchson@yahoo.com. Tim pengabdi dalam pelatihan ini terdiri dari Ali Muhson M.Pd, Mustofa, M.Sc, dan Kiromim Baroroh, M.Pd (Q-room).