LCCA SMTA Se-Jawa dan Talkshow Kurikulum 2013 Hadapi AEC 2015

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Hima Diksi) Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) SMTA Se-Jawa pada Sabtu (2/11) lalu. LCCA merupakan ajang bergengsi bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat se-Jawa untuk berkompetisi dalam mengasah kemampuannya di bidang keilmuan Akuntansi. LCCA tahun ini mengusung tema “Be A Competent and Creative Student of Accounting in Facing AEC 2015”. Dengan tema tersebut diharapkan dapat membentuk siswa-siswi Akuntansi yang berkompeten dan kreatif dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015 mendatang. Para siswa sebagai generasi penerus sejak dini memang dituntut untuk memiliki kecerdasan intelektual dan kreativitas yang tinggi agar nantinya menjadi generasi yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kancah internasional.

LCCA Se-Jawa tahun ini diselanggarakan bersamaan dengan Talkshow Implementasi Kurikulum 2013 yang diperuntukkan untuk para guru, khususnya bagi para guru pendamping siswa-siswi peserta LCCA. Talkshow Implementasi Kurikulum 2013 ini mengangkat tema “Strategi Pendidik Indonesia Menghadapi AEC 2015 Melalui Implementasi Kurikulum 2013” yang bertujuan untuk menambah pengetahuan para guru mengenai implemensi Kurikulum 2013 dalam menghadapi AEC sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas. Talkshow ini menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Prof. Dr. rer. nat Widodo, M. S. (Kepala PPPPTK Matematika) dan Drs. Aulia Reza, M. Hum. (Anggota Dewan Pendidikan DIY dan Ketua Yayasan Anak Bangsa Mandiri).

Dalam sambutannya, Fadhla Khanifa, selaku ketua panitia mengucapkan selamat datang dan mengatakan bahwa event ini merupakan sumbangsih sebagai wujud partisipasi Hima Diksi dalam memajukan pendidikan nasional dalam mengahadapi era masyarakat global pada tahun 2015 mendatang. LCCA SMTA Se-Jawa ini diikuti oleh 33 tim dari SMA dan 35 tim dari SMK serta 103 peserta Talkshow Implementasi Kurikulum 2013. Mereka sangat antusias dalam mengikuti serangkaian acara demi acara yang telah dikonsep oleh panitia sejak 6 bulan yang lalu.

LCCA SMTA Se-Jawa dan Talkshow Implementasi Kurikulum 2013 ini dibuka pada puku 07.30 oleh Siswanto, M.Pd. selaku Wakil Dekan III FEUNY dengan pukulan gong di Ruang Auditorium FE UNY. Selanjutnya para peserta diarahkan ke tempat kegiatannya masing-masing, yaitu peserta LCCA SMK pindah ke Ruang Ramah Tamah FE UNY dan peserta Talkshow ke ruang Aula FE UNY, sedangkan peserta LCCA SMA tetap berada di dalam Auditorium. Rangkaian acara LCCA dimulai dengan Seleksi Babak I dan dilanjutkan Seleksi Babak II di ruang masing-masing. Setelah mendapat kelompok 5 besar, para peserta yang tidak lolos mengikuti games ranking 1 sembari menunggu Penyisihan Babak Semi Final yang berada pada ruang yang terpisah. Sementara itu Talkshow Implementasi Kurikulum 2013 berjalan lancar. Babak Final diikuti oleh masing-masing 3 tim di tempat masing-masig dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas.

Juara I LCCA tingkat SMA Se-Jawa tahun ini diraih untuk kedua kalinya oleh SMAN 1 Sukoharjo Tim A, Juara II diraih oleh perwakilan dari SMA N 2 Purwokerto dan Juara III dimenangkan oleh tim dari SMA Taruna Nusantara Tim A. Sedangkan Juara I tingkat SMK diraih oleh perwakilan dari SMK N 1 Pengasih Tim B, Juara II dimenangkan oleh SMK N 1 Banyumas dan Juara III ditempati oleh Tim B dari SMK N 6 Surakarta. Juara I mendapatkan Trophy Bergilir Dirjen Pendidikan Tinggi RI dan Trophy Gubernur DIY, sedangkan Juara II mendapatkan Trophy Bupati Sleman dan Juara III mendapatkan Trophy Dekan FE dan masing-masing mendapatkan uang pembinaan. (Alta)