Lawatan SMK N 1 Semendawai Timur ke FE UNY

Selasa (13/11) lalu Fakultas Ekonomi (FE) UNY menerima kunjungan studi dari SMK N 1 Semendawai Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan. Sebanyak lebih dari 90 siswa dari bidang keahlian Administrasi Perkantoran beserta guru pendamping diterima oleh Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd., beserta Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, Joko Kumoro, M.Si., Sekretaris Jurusan Purwanto, M.M., M.Pd., serta beberapa dosen di lingkungan Pend. Administrasi FE UNY. UNY menjadi salah satu lokasi kunjungan siswa SMK N 1 Semendawai Timur selama mereka berkunjung ke Jawa dalam rangka pengenalan kampus.

Siswanto menjelaskan bahwa kunjungan ini tentu menguntungkan kedua belah pihak. “Siswa bisa merasakan dan melihat sendiri bagaimana perkuliahan di kampus, dan kampus pun tak perlu jauh-jauh melakukan kunjungan ke sekolah. Selain itu, tentu akan ada banyak wawasan keilmuan yang bisa saling dibagikan di sini,” ujarnya.

Ketua rombongan yang juga Kepala Sekolah SMK N 1 Semendawai Timur, Sumar, S.Pd., M.M menyatakan kebahagiaannya atas kesempatan berkunjung ke FE UNY. “Harapan kami, dengan berkunjung ke sini bisa timbul rasa memiliki UNY. Di sekolah kami, salah satu alumni UNY, Miftahul Farihin, S.Pd., juga memiliki kinerja yang baik dalam membantu administrasi sekolah,” jelasnya.

“Selain itu, minat para siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih kurang tinggi. Dengan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi termasuk UNY ini kami harapkan ada peningkatan motivasi dari para siswa,” tambah Sumar.

Di bawah arahan Sekretaris Jurusan, Purwanto, M.M., M.Pd., para siswa diberikan kesempatan untuk mengunjungi laboratorium-laboratorium di FE UNY terutama pada prodi Pendidikan Administrasi. Di samping itu, para siswa juga menjajal teleconference perkuliahan Kearsipan Digital. Salah satu dosen Pend. Administrasi, Arwan Nur Ramadhan, M.Pd., yang berada di UNY Kampus Wates memberikan materi kearsipan digital melalui layanan Skype kepada seluruh peserta yang berada di Laboratorium Komputer dan Kearsipan Digital di Kampus Karangmalang.