Lagi, UKMF KRISTAL Torehkan Prestasi

Dian

Pada Sabtu (19/10) lalu UKMF Kristal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta kembali menorehkan prestasinya. Prestasi itu disumbangkan oleh Dian Friantoro (Mahasiswa Program Studi Akuntansi 2012) yang berhasil meraih Juara II Lomba Esai Tingkat Mahasiswa Se-DIY dengan tema “Internalisasi Semangat Meneliti dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bangsa” yang diselenggarakan oleh UKMF Limlarts Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Esainya yang berjudul “Revitalisasi Penelitian melalui Konsep SMS (Strategy, Management, Sustainability) dalam Memajukan Pendidikan Indonesia” dilatar belakangi oleh keprihatinannya akan kondisi pendidikan di Indonesia. “Problematika pendidikan di Indonesia memang semakin kompleks. Akses pendidikan belum merata dan kurangnya mutu dan relevansi pendidikan menjadikan peran pendidikan dalam membangun generasi bangsa belum maksimal,” tutur mahasiswa yang juga merupakan staf bagian Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah (P2KI) UKMF Kristal ini.

Pendidikan yang baik akan mencetak generasi bangsa Indonesia yang baik pula, sebaliknya pendidikan yang buruk justru akan meruntuhkan suatu negara. Sehingga problematika pendidikan yang kini terjadi harus segera diselesaikan dengan cepat dan tepat. Salah satu solusi penyelesaian problematika pendidikan di Indonesia tersebut ialah dengan merevitalisasi penelitian sebagai sarana mengembangkan ilmu pengetahuan. Selain itu penelitian juga penting bagi pendidikan sebagai sarana menganalisis, memperbaiki, dan mengevaluasi praktek pendidikan di Indonesia.

“Semoga hasil ini menjadi awal bagi saya untuk menghasilkan prestasi-prestasi lain baik nasional maupun internasional,” urai Dian. Kedepannya, semoga capaian ini dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk lebih berprestasi dan dapat mengubah mindset mahasiswa bahwa menulis itu menyenangkan. (Fadhli)