Kunjungan Prodi Ekonomi Islam FAI Universitas Siliwangi ke FE UNY

Suasana

Selasa (11/03), Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyambut rombongan mahasiswa dan dosen dari Prodi Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi (FAI UNSIL), Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebanyak lebih dari 120 peserta kunjungan tersebut merupakan gabungan dari dosen dan mahasiswa Prodi Ekonomi Islam serta pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FAI UNSIL. Kunjungan ini diselenggarakan dengan tujuan mengetahui sejauh mana perkembangan Ekonomi Islam di FE UNY. Selain itu, para dosen juga ingin mengenal Islamic Mini Bank milik UNY yang terletak di FE UNY ini. Kunjungan ini juga dimanfaatkan oleh BEM dari kedua fakultas untuk saling bertukar pikiran. Turut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Dekan I Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M., Wakil Dekan III Siswanto , M.Pd., Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Dra. Kumala SWG, serta pengurus BEM KM FE dan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) FE UNY.

Dalam arahan sekaligus sambutannya, Moerdiyanto menegaskan bahwa FE UNY terutama Program Studi (prodi) Akuntansi S1 dan Manajemen S1 merupakan dua prodi yang termasuk favorit di UNY. “Dengan daya tampung hanya 90 dan 108, tiap tahun sebanyak lebih dari 1000 mahasiswa harus memperebutkan sedikit kursi yang tersedia,” ujarnya. “FE juga memiliki Islamic Mini Bank atau IMB yang sudah melayani para nasabahnya dari kalangan mahasiswa hingga karyawan dan dosen,” imbuhnya.

Sedangkan Asep Suryanto, M.Ag., mewakili FAI UNSIL menjelaskan maksud dan tujuan institusinya berkunjung ke FE UNY. “Kami kagum dengan perkembangan Ekonomi Islam di UNY, padahal belum memiliki program studi Ekonomi Islam. Selain itu, kami juga ingin menengok Islamic Mini Bank, barangkali bisa diterapkan di institusi kami,” terangnya.

Dalam sesi diskusi antar BEM, Arizqi Nurhamsyah selaku ketua BEM FE UNY memandu jalannya acara tersebut. BEM FAI Universitas Siliwangi yang dipimpin Faisyal Azhar tampak antusias dalam sesi tanya jawab baik begitupun sebaliknya. “Walaupun BEM FAI Unsil memang masih muda, tetapi kita juga bisa belajar banyak darinya”, pungkas Arizqi.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, para dosen berkesempatan mengunjungi Islamic Mini Bank (IMB) yang sudah beroperasi sejak 19 Februari 2014 lalu. Di hadapan para dosen, Siti Maesyaroh, Direktur IMB 2014 menjelaskan, IMB sudah melayani dosen, karyawan, dan mahasiswa. “Bahkan, mahasiswa dari fakultas lain juga sudah menjadi nasabah kami. Mereka bisa mengangsur laptop melalui kami. Selain itu, banyak yang tertarik dengan Simpanan Qurban Taqwa rupanya,” ungkapnya. (fadhli)