Kunjungan Pendidikan Ekonomi FE UNJ ke FE UNY

Sebanyak kurang lebih 80 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Jakarta mengunjungi FE UNY pada Jumat (13/5) lalu. Kunjungan ini dimaksudkan untuk sarana silaturrahim di antara kedua saudara universitas eks IKIP tersebut. Selain itu, para mahasiswa juga diajak saling bertukar pikiran seputar kegiatan kemahasiswaan di masing-masing kampus. Rombongan diterima oleh Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si dan Ketua Jurusan Pend. Ekonomi FE UNY, Tejo Nurseto, M.Pd.

Dalam sambutannya, Sugiharsono menyatakan sangat senang atas kunjungan dari FE UNJ. “Saya juga berteman baik dengan beberapa dosen di sana, dan kami berharap kunjungan ini mampu merekatkan lebih kuat hubungan di antara UNJ dan UNY, untuk saling berkontribusi dalam pengembangan pendidikan ekonomi di Indonesia pada umumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Tejo Nurseto menjelaskan beberapa hal teknis terkait kurikulum dan jurusan secara umum. “Di jurusan kami saat ini menerapkan dua kurikulum yaitu 2009 dan KKNI dengan kewajiban tiap mahasiswa untuk menempuh 144 SKS. Selain menjadi guru yang profesional, kami juga menuntut mahasiswa untuk memiliki kompetensi kewirausahaan. Bahkan berdasarkan tracer study, jumlah mahasiswa yang memilih jalur entrepreneurship semakin besar daripada yang memilih jalur keguruan,” terang Tejo.

Dosen pendamping dari FE UNJ, Karuniana Dianta A.Sebayang, S.IP, ME menuturkan kebahagiaannya bisa bertandang ke UNY. “Usia kita masih sama-sama muda. FE UNJ baru lahir 2005 lalu. Kami harap dengan kunjungan ini bisa menambah ilmu yang bermanfaat bagi kedua pihak, dan kami bisa pulang ke Jakarta dengan membawa banyak hal baik,” katanya.

Para mahasiswa dari kedua kampus saling berbagi seputar berbagai unit kegiatan kemahasiswaan yang ada di masing-masing universitas, serta tak lupa bertukar cinderamata. Meskipun kunjungan cukup singkat karena mendekati waktu sholat Jumat, kedua pihak memanfaatkan dengan baik sesi tanya jawab untuk bertukar informasi sebanyak mungkin. (fadhli)