KRISTAL Sukses Selenggarakan Innovation Contest (ICON) Kelima

Innovation Contest (ICON) 2016 resmi ditutup pada Minggu (21/5) lalu. Rangkaian acara Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas (UKMF) Penelitian Komunitas Riset dan Penalaran (KRISTAL) FE UNY ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 19 sampai dengan 21 Mei 2016. Kompetisi yang diselenggarakan untuk kelima kalinya ini membawa format baru, dari Business Plan menjadi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dengan mendatangkan lima belas finalis dari berbagai universitas di Indonesia, di antaranya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka Yogyakarta), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN V Yogyakarta), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Udayana (UNUD), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kelima belas finalis mengikuti rangkaian acara mulai dari Technical Meeting (TM), Presentasi, dan Fieldtrip.

Departemen Penulisan Kreativitas Ilmiah (P2KI) sebagai salah satu departemen di UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY mempunyai fokus kerja pada ranah penulisan. Untuk itu P2KI mempunyai program kerja yang memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kemampuan menulis, seperti Innovation Contest (ICON).

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes di ruang Auditorium FE UNY Jumat, (20/5). Sumaryanto mengatakan, “Kemahasiswaan Rektorat akan senantiasa mendukung penuh acara-acara mahasiswa melalui fasilitas-fasilitas yang ada, selain itu kami mengapresiasi Innovation Contest (ICON) tahun 2016 ini.” Acara dihadiri pula oleh Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi, Drs. Nurhadi, MM, pembimbing UKMF KRISTAL FE UNY, Andreas Mahendro Kuncoro, M.Sc., Ph.D, serta sejumlah tamu undangan. Melalui tema “Strategi Pembangunan Ekonomi Nasional menuju Indonesia Mandiri 2025”, ICON 2016 memunculkan gagasan-gagasan inovatif dan solutif dari para mahasiswa.

Pada gelaran tahun ini, keluar sebagai Juara 1 dari tim UGM dengan judul karya “Analisis Geosite dan Geomorphosite Pantai Menganti sebagai Potensi Geowisata Indonesia”. Selanjutnya berturut-turut Juara 2 diraih oleh tim UNY dengan ketua Sayidatul Maslahah, Juara 3 tim UM dengan ketua Muhammad Nur Asy’ari, Juara Harapan 1 tim Universitas Udayana dengan ketua I Putu Edi Swastawan, dan Juara Harapan 2 tim UB dengan ketua Allan Dwi Pranata.

“Harapan kami, gagasan-gagasan yang dikeluarkan oleh mahasiswa-mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi ini bisa diimplementasikan sebagai salah satu strategi pembangunan ekonomi nasional menuju Indonesia Mandiri 2015,” harap Andreas. (fadhli)