Kita Semua Wartawan, Tingkatkan Publisitas FE di Masyarakat

Jumat siang (19/4) itu, berlangsung Pelatihan Menulis Artikel di Media Massa dan Pengisian Konten Web (Website Content) bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY. Selain menambah kemampuan menulis bagi para akademisi di lingkungan FE UNY, pelatihan ini juga untuk meningkatkan publikasi FE di ranah publik, baik melalui sarana media cetak maupun elektronik seperti internet. Sebanyak kurang lebih 70 dosen, karyawan, dan mahasiswa dari perwakilan ormawa (organisasi mahasiswa) mengikuti acara yang dibagi dalam dua sesi ini. Untuk Pelatihan Menulis Media Massa yang dibimbing oleh Dwi Suyono, wartawan Harian Pagi Bernas Jogja bersama rekan-rekannya dilangsungkan di Aula FE, sedangkan di ruang Laboratorium Akuntansi staf Humas Fakultas Ekonomi, Mohamad Fadhli, S.Pd. menjadi pemateri dalam Pelatihan Pengisian Konten Web.

Lina Nur Hidayati, M.M., dalam sambutannya selaku ketua panitia menyebutkan bahwa FE memiliki web yang sudah cukup representatif, namun web tersebut juga perlu didukung supporting web yang ada di dalamnya, yang sayangnya belum cukup memadai. Pencitraan FE di mata masyarakat juga perlu ditingkatkan, dan untuk itu perlu dukungan seluruh pihak, baik dari dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Sementara Wakil Dekan III FE Bidang Kemahasiswaan, Siswanto, M.Pd., yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara mewakili Dekan juga menyatakan bahwa sesuatu bisa menjadi menarik jika dipandang dari berbagai sudut yang berbeda. Selain itu, media massa sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan khazanah dan wawasannya dengan jangkauannya beritanya yang luas dan dalam waktu yang relatif singkat.

Bertempat di ruang Aula FE, Dwi Suyono dan koleganya menyajikan materi pelatihan penulisan secara ringkas. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, semua orang sebenarnya bisa menjadi wartawan. Namun hal ini perlu didukung dengan kemauan dan kemampuan mereka, karena sebenarnya salah satu bekal utama seorang penulis adalah membaca. Selain itu, aspek subjektivitas dan objektivitas tulisan juga perlu dicermati agar tulisan yang dihasilkan lebih berkualitas.

Di ruang Laboratorium Akuntansi, para dosen, karyawan, dan mahasiswa mendapat pelatihan singkat tentang Pengisian Konten Web. Para peserta dipandu untuk mampu mengisi secara mandiri web-web jurusan yang sudah disediakan oleh Fakultas, baik itu dalam berita, informasi, ataupun foto-foto dokumenter. Selain ditujukan bagi para karyawan dan dosen untuk membantu mereka dalam mengisi berbagai materi di web jurusan, pelatihan ini juga ditujukan kepada para mahasiswa dengan memberi mereka kiat-kiat memaksimalkan konten blog. Fadhli menyatakan, web/blog suatu organisasi tidak bertujuan untuk mencari popularitas atau jumlah kunjungan yang besar dengan berita, tetapi untuk membangun ikatan antara organisasi tersebut dengan pengunjung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga konsistensi dan aktualitas web dengan memberikan pengunjung informasi yang mereka butuhkan, seperti Jadwal Kuliah per Semester atau Struktur Pengurus Ormawa terbaru. (fadhli)