I-CODE, Maskot FE UNY Meriahkan OSPEK Fakultas

I-CODE

Mengawali studi di perguruan tinggi tentu menjadi pengalaman yang mendebarkan bagi sebagian besar mahasiswa baru. Oleh karena itu, orientasi dan pengenalan kampus tentu penting demi penyesuaian diri mahasiswa baru terhadap kultur dan tradisi akademik yang berbeda dengan semasa mereka menginjak masa sekolah menengah atas. Bertempat di Taman Gazebo Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (21/08) lalu diadakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) 2013 tingkat fakultas bagi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi 2013. OSPEK Fakultas pada tahun ini bertemakan “Membentuk Ekonom Berkarakter dan Berjiwa Entrepreneur”. Acara tersebut dihadiri jajaran Dekanat, para kajur dan kaprodi, serta Kabag dan Kasubag di Fakultas Ekonomi.

Ketua BEM FE UNY terkini, Agus K. Purnomo, menuturkan, pemuda adalah agent of change, oleh karena itu, mahasiswa baru harus memiliki semangat serta mau menjadi pribadi yang lebih dewasa dari sebelumnya. Sementara itu, Dekan, Dr. Sugiharsono, M.Si., mengingatkan, “Anda ditugaskan oleh orang tua untuk belajar di sini. Oleh karena itu, luluslah tepat waktu. Raihlah prestasi. Syukur-syukur, bisa mendapat predikat cum laude, dan setelah lulus segera bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan.”

Acara dibuka dengan tari tradisional dan dimeriahkan penampilan maskot FE, yaitu I-CODE, yang disambut meriah oleh para mahasiswa baru. Sembari memukul gong 7 kali sebagai simbol membuka OSPEK Fakultas, “tujuh kali pukulan ini sebagai perlambang FE UNY adalah fakultas ketujuh di UNY,” ujar Sugiharsono. Acara kemudian diteruskan dengan Dekanat menyapa dengan uraian singkat dari jajaran Wakil Dekan.

Wakil Dekan I, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M., menyampaikan perihal akademik dan kegiatan perkuliahan. “FE memiliki tiga program utama, yang pertama yaitu Improvement on Quality, di mana kita menargetkan lulusan FE memiliki IPK rata-rata minimal 3.2. Yang kedua yaitu Short Time of Study di mana lulusan FE diharapkan lulus tepat waktu dalam empat tahun saja. Dan yang terakhir adalah Percepatan Perolehan Pekerjaan,” urai Guru Besar Ilmu Manajemen UNY ini.

Sementara Wakil Dekan II, M. Djazari, M.Pd., membeberkan detail fisik dan non fisik Fakultas Ekonomi seperti fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki fakultas. Sedangkan Wakil Dekan III, Siswanto, M.Pd., menuturkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan serta beasiswa yang tersedia untuk membantu kelancaran studi mahasiswa.

“Dan jangan lupa, sebagaimana Rektor pernah sampaikan, bahwa mahasiswa baru yang masuk dari jalur apapun, tapi merasa kurang mampu, masih bisa mengajukan beasiswa Bidik Misi. Tentu dengan mengutamakan kejujuran karena nanti pasti akan dilakukan verifikasi,” tegas Siswanto.

Setelah itu Maba 2013 juga dibekali dengan materi seputar Leadership, Jurnalistik, Penelitian, dan Entrepreneur, dilanjutkan dengan Safari Fakultas Ekonomi dengan mengelilingi kompleks Fakultas Ekonomi agar lebih mengenal lebih jauh gedung dan ruang yang dimiliki oleh fakultas termuda di UNY ini. (fadhli)