Fitri Umiatun Anak Seorang Buruh Raih IPK 3,76 serta masa studi tercepat di Jurusan Pendidikan Akuntansi FE UNY

Fitri Umiatun Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,76 dengan masa studi tercepat ditempuh 3,5 tahun. Walau dari kalangan keluarga ekonomi menengah ke bawah semangat belajar Fitri tak pernah surut bahkan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD)-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Fitri selalu mendapatkan juara 1 di kelas nya dan waktu duduk di bangku Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) selalu masuk 5 besar dikelasnya sehingga waktu masuk mendaftar sebagai mahasiswa di UNY masuk melalui jalur Penerimaan Bibit Unggul (PBU). Sang Ayah bekerja sebagai buruh sedangkan Sang Ibu berprofesi sebagai ibu rumah tangga, namun justru dengan ekonomi yang serba kurang tersebut menjadi cambuk buatnya untuk semakin rajin belajar alhasil selama kuliah di UNY fitri selalu mendapatkan beasiswa sehingga bisa digunakan untuk membayar SPP, demikian dikatakan Fitri pada sela-sela upacara yudisium pada Rabu (30/1) di Auditorium FE UNY yang diikuti sebanyak 54 peserta yudisium. Acara dihadiri Dekan, Wakil Dekan I, II, III, Ketua Senat, Kajur/Kaprodi dan Kabag/Kasubag FE UNY.

Gadis kelahiran Kulonprogo, 4 Mei 1991 ini mengatakan bahwa dulu tidak terbayang dalam benaknya akan kuliah karena terhimpit masalah ekonomi oleh karena itu sejak duduk di bangku SMP sudah terpikir olehnya untuk masuk ke SMK N 1 Pengasih Kulonprogo dengan harapan setelah lulus SMK bisa langsung kerja. Namun akhirnya berkat prestasinya ia mampu mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.
Selain aktif di perkuliahan Fitri juga aktif dalam organisasi, saat pertama kali masuk kuliah ikut aktif di Himpunan Mahasiswa (HIMA) pendidikan akuntansi dan kepanitiaan berbagai kegiatan di UNY. Fitri juga berbagi tips untuk bisa mendapatkan nilai bagus yaitu dengan mendengarkan dan memperhatikan apa yang diajarkan oleh Dosen sejak awal masuk kuliah lalu dipelajari dan dipahami lagi di rumah serta setiap diberikan tugas kuliah sebisa mungkin saya kerjakan sendiri sehingga tidak copy paste punya teman selain itu harus pandai membagi waktu, ucapnya.

Adapun cita-cita Fitri setelah dinyatakan lulus ini akan bekerja untuk mendapatkan modal usaha. Sehingga nantinya kalau modal sudah terkumpul akan membuka usaha sendiri guna membiayai 2 adiknya yang masih duduk di bangku SD dan SMP. Sebenarnya ada niat untuk lanjut studi S2 namun karena terbentur biaya niat tersebut diurungkan dahulu, ujarnya. (Isti)