FE UNY Selenggarakan Penyuluhan Kesehatan

Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi segenap dosen, karyawan, serta perwakilan mahasiswa di kampus setempat, Senin (1/7) kemarin. Penyuluhan ini dipandu oleh Dinas Kesehatan Sleman dan bekerjasama dengan Puskesmas 3 Kecamatan Depok, Sleman. Kegiatan ini diikuti oleh 90 dosen, karyawan, dan perwakilan mahasiswa di lingkungan fakultas.

Dekan FE, Sugiharsono menyatakan penyuluhan ini sebagai upaya memberikan informasi yang tepat mengenai kesehatan. Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Sleman Dul Zaini menjelaskan Indonesia masih belum bebas beberapa penyakit menular, terutama Tuberculosis (TB). "Indonesia menargetkan 2030 bebas TB," jelasnya. "Oleh karena itu, peran serta masyarakat, terutama di tingkat keluarga, sangat penting. Kita menelurkan slogan TOSS TB. Temukan penderita TB, lalu Obati Sampai Sembuh," tambahnya.

Hasanah Widyawati dari Dinkes Sleman menjelaskan bagaimana menggunakan masker sekali pakai. "Yang warna hijau ini di luar, dan kawatnya dikaitkan ke hidung. Sedangkan yang putih ada di dalam. Lipatan di masker bagian dalam memang digunakan untuk mencegah kuman-kuman dari orang yang sedang batuk atau flu menyebar keluar. Sedangkan lipatan di bagian luar dengan bulu-bulu halus bertujuan untuk menjauhkan kotoran masuk ke hidung dan mulut kita," urainya. dr. Novita Krisnaeni, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman juga memberikan tambahan informasi seputar penyakit menular.