Dua UKMF FE Berbagi di Gunungkidul

Dalam rangka memperingati Hari raya Idul Adha 1434 H, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Al-Fatih dan Kristal (Komunitas Riset dan Penalaran) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Yogyakarta bersatu menyelenggarakan program kerja bakti sosial (Baksos) dengan tema “Dengan Hati Kami Berbagi, Dengan Iman Kami Berqurban” yang berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa (15-16/10). Kegiatan Baksos kali ini bertempat di Dusun Kenteng, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul dan diikuti sebanyak 30 rombongan staf dan pengurus kedua UKMF. Kegiatan ini diadakan oleh kedua UKMF tersebut untuk membangun sinergitas ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi, baik untuk sesama pengurus maupun kepada masyarakat serta membawa kebermanfaatan untuk sesama.

Diawali dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat FE UNY dan sekitar untuk menyedekahkan pakaian atau sandangan layak pakai, uang donasi dan hewan qurban. Hasilnya, terhimpunlah ratusan pakaian layak pakai serta jutaan rupiah uang sedekah yang dibelikan sembako dan 4 ekor kambing sebagai hewan qurban.

Sejumlah 30 panitia baksos menginap di rumah Bapak Khairul selaku kepala Dukuh Kenteng dan disambut dengan sangat baik oleh para warga pada Senin sore dan langsung berkoordinasi dengan pengurus dusun setempat sembari menyiapkan agenda malam harinya, takbir keliling.

Pada malam menjelang hari raya Idul Adha panitia bersama para warga dua pedukuhan yaitu Kenteng dan Kepuh melakukan takbiran keliling. Diikuti sekitar 300 orang warga, sinar oncor, lampu hias, iringan musik rebana, dan gebugan tenor drum menambah semaraknya takbir pada malam itu. Beberapa panitia dan warga ada juga yang bertakbir hingga dini hari sembari melakukan rapat koordinasi untuk penyembelihan hewan qurban.

Keesokan harinya, panitia baksos membantu para warga mempersiapkan sholat ‘Ied di Masjid Al-Khasiah. Pukul 06.30 dilakukan sholat ‘Ied berjamaah yang berjalan dengan khusyuk dan khidmat. Setelah melaksanakan sholat ‘Ied, rombongan panitia yang diwakili Arizqi Nurhamsyah selaku ketua UKMF Al Fatih menyerahkan hewan kurban sebanyak empat ekor kambing yang semuanya berasal dari FE, baik dosen, mahasiswa, maupun kerabat panitia.

Untuk menambah semangat kebersamaan dan wawasan, diadakan pula menonton film bareng tentang “Kisah Nabi Ismail AS” yang merupakan sejarah dari adanya hari raya Idul Adha dilanjutkan kegiatan lomba cerdas cermat untuk santriwan santriwati TPA yang bertempat di masjid Al-Barokah. Sebagai penutup rangkaian acara baksos UKMF tahun 2013 ini, panitia menggelar bazaar sembako dan pakaian murah di balai dusun Kenteng. Barang-barang kebutuhan tersebut dijual dengan harga antara seribu hingga tiga ribu rupiah sehingga membuat semua kalangan dapat menjangkaunya.

Dalam acara yang juga didampingi oleh dosen Adeng Pustikaningsih, M.Si. selaku Pembina UKMF Kristal ini, warga sangat antusias dan tertib dalam mengikuti bazaar. Antusiasme tersebut terbukti dengan panitia yang terpaksa memajukan jadwal pembukaan bazaar dua jam lebih awal karena warga yang sudah mulai berdatangan dan habisnya semua barang jualan. “Semoga rangkaian acara baksos ini benar-benar dapat mempererat tali silaturahmi, bermanfaat, dan menginspirasi sesama,” ujar Dicky Pradana salah seorang penanggung jawab Baksos UKMF FE UNY 2013 ini. (Humas FE)