Herry Zudianto : Kepercayaan Landasan Utama dalam Berbisnis

Dalam memulai usaha kita bisa mencoba untuk melihat permasalahan orang terlebih dahulu dengan begitu kita dapat memberikan solusi dengan membaca peluang usaha yang bisa kita ciptakan untuk membantu memecahkan permasalahannya. Sebagai contoh sekarang ini di internet ada biro jasa pembuatan nama bayi karena setiap anak itu berhak mendapatkan nama bagus, bermakna dan penuh doa. Mungkin hal ini tidak pernah terpikirkan oleh kita semua bahwa peluang usaha bisa muncul setelah kita pelajari permasalahan yang ada di masyarakat, demikian disampaikan Herry Zudianto, SE, Akt., MM Owner Batik Margaria sekaligus Walikota Yogyakarta.

Pada Seminar Nasional Entrepreneurship #4 yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) pada Kamis (15/12) di Auditorium UNY yang diikuti sekitar 320 peserta. Hadir pembicara lainnya; Dr. Moerdiyanto, M.Pd., MM Wakil Dekan I FE UNY sekaligus pengusaha, Jody Brotosuseno Owner Waroeng Steak and Shake, Thierry Detournay Owner Coklat Monggo dan Joseph Theodorus W Owner Joger Pabrik Kata-Kata. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II UNY Sutrisna Wibawa, M.Pd dan dihadiri pula Dekan, Ketua Jurusan Manajemen dan Dosen FE UNY.

Lanjut Herry, Kepercayaan merupakan landasan utama dalam berbisnis. Jangan sekali-kali kita mengecewakan konsumen. Tidak hanya itu kita harus bisa menjaga kepercayaan berbagai pihak baik itu supplier, Bank dan relasi kita. Dengan begitu bisnis kita akan lancar. Persaingan bisnis saat ini sangat luar biasa apalagi saat ini sedang merambah bisnis revolusi teknologi digital. Sehingga kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah produk. Kita cukup memasarkan produk kita lewat internet saja pelanggan kita di berbagai negara bisa mengaksesnya sehingga dunia ini terasa semakin sempit.

“Mulailah dari sekarang kesuksesan bisa kita raih melalui langkah pertama. Pelajarilah kegagalan untuk direcoveri untuk ke depannya agar bisa lebih baik lagi. Kesempatan bagi kalian untuk menunjukkan kreativitas, logika berpikir rasional dan kreatif untuk menuju era perubahan”, tegasnya.

Sedangkan Jody Brotosuseno Owner Waroeng Steak and Shake mengatakan, jangan dianggap sesuatu yang sulit untuk memulai sebuah usaha. Jatuh bangun dalam berwirausaha adalah hal yang biasa tapi itu semua bisa kita jadikan pelajaran untuk ke depannya. Seperti halnya saya sudah mulai berbisnis sejak usia 23 tahun mulai dari membuka usaha susu segar kali lima di Solo, Bebaqaran, penjualan kaos partai hingga saat ini bisa membuka 53 cabang Woroeng Steak and Shake dengan 1000 karyawan. Hal ini tidak pernah terbayang dalam pikiran saya tapi semua itu harus dimulai dari nol.

Lain halnya dengan Dr. Moerdiyanto, M.Pd., MM akademisi sekaligus pelaku bisnis menyampaikan bahwa kiat-kiat usaha itu “SARIM” yaitu Suka, Ambisi, Relasi, Inovasi dan Menjual. Sedangkan strategi mulai usaha itu “ATM” yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. (Isti)