VISI FE UNY: PADA TAHUN 2025 MENJADI FAKULTAS EKONOMI UNGGUL DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN ILMU EKONOMI YANG BERLANDASKAN KETAQWAAN, KEMANDIRIAN, DAN KECENDEKIAAN SERTA BERWAWASAN EKONOMI KERAKYATAN, KEWIRAUSAHAAN DAN NILAI BUDAYA LUHUR

Berita

Post date: 14/03/2019 - 14:52

Asih, lulusan program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNY menjadi peraih IPK Tertinggi pada Yudisium di FE UNY periode Februari, Jumat (1/3) lalu. Dengan raihan 3,80, gadis bernama lengkap Siti Nuraeningsih ini memimpin 39 peserta yudisium lainnya dalam pembacaan Prasetya Alumni di hadapan para pejabat fakultas. Yudisium menjadi upacara di mana mahasiswa dinyatakan lulus secara akademik.

Post date: 13/03/2019 - 11:00

Wisuda Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma Universitas Negeri Yogyakarta periode Februari dilaksanakan pada Sabtu (23/2) di GOR UNY. Pada wisuda kali ini Dwi Novita Sari dari prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi berhasil meraih indeks prestasi tertinggi untuk jenjang S1 yaitu 3,92. Saat ditanya bagaimana gadis kelahiran Purworejo, 2 November 1997 tersebut mencapai indeks prestasi setinggi itu, alumni SMAN 3 Purworejo itu mengaku selalu duduk duduk didepan saat perkuliahan. “Materi lebih jelas diterima dan lebih mudah mengingatnya” kata Novi. Warga Soko, Bagelen, Purworejo tersebut suka belajar pada malam hari dan aktif bertanya pada dosen. Kuncinya adalah pada pengaturan waktu. Putra Legiman dan Yatini tersebut juga aktif di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan mendapat beasiswa bidikmisi.

Post date: 13/03/2019 - 10:55

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY dan Tax Center Fakultas Ekonomi (FE) UNY mengadakan Workshop E-filling, SPT, dan Komunikasi Efektif bagi Relawan Pajak 2019 bertempat di Auditorium FE UNY pada Selasa-Rabu (19-20/2) lalu. Acara ini dibuka langsung oleh WD III FE UNY Dra. Isroah M.Si. Acara ini diikuti oleh 105 relawan pajak, yang dipersiapkan untuk membantu wajib pajak Orang Pribadi dalam melaporkan SPT tahunan di lingkungan UNY, Kantor Pelayanan Pajak, dan Kanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta. Narasumber pada hari pertama ini adalah Ponty Sya'banto Putra Hutama, S. E., M.Si menyampaikan materi tentang komunikasi efektif dan pengisian SPT.

Post date: 13/03/2019 - 09:55

Setelah menempuh dunia perkuliahan selama empat tahun bagi mahasiswa S1 dan tiga tahun bagi mahasiswa D3, mahasiswa tersebut akan menyandang gelar sarjana sesuai dengan program studi yang mereka jalani. Ketika dunia perkuliahan sudah berakhir, perlu adanya bekal tersendiri bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas akhir dan akan melaksanakan wisuda untuk menghadapi dunia pekerjaan. Fakultas Ekonomi (FE) UNY memberikan kontribusi terhadap kesiapan mahasiswa calon wisudawan untuk memahami dunia pekerjaan melalui pelatihan pengembangan diri dan kiat menembus dunia kerja yang diadakan pada Selasa (19/02) lalu di ruang Auditorium FE UNY pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Acara ini memiliki tema “Mempersiapkan Milenial dalam Menghadapi Dunia Kerja “. Narasumber acara tersebut adalah Noor Fakthurrokhman dan Tantia Hana Putri dari PT Midi Utama Indonesia selaku pemilik usaha Alfamidi. Peserta yang hadir pada acara ini berjumlah 97 mahasiswa dan calon wisudawan.

Post date: 11/03/2019 - 15:03

Tim UNY meraih Juara Harapan I dalam ajang LKTI LBSK (Lomba Bidang Studi Kimia) di Universitas Tanjungpura, 15-17 Februari lalu. Tim yang diketuai Amaliatul Firdaus (mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi), dan beranggotakan Listika Wibawaning Putri (Pend. Kimia) dan Hendri Wibowo (Pend. Akuntansi) mengusung karya berjudul Djumanji: Inovasi Pengolahan Daun Jambu Biji sebagai Alternatif Pasta Gigi Herbal Pencegahan Bakteri Streptococcus mutans Penyebab Karies Gigi.

Post date: 20/02/2019 - 10:59

UNY berhasil membawa pulang prestasi dari perlombaan IPITEx 2019 yang dilaksanakan di BITEC, Bangkok, Thailand. Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx 2016) adalah Kompetisi Penelitian Internasional yang diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) pada 1 - 6 Februari 2019. Thailand Inventors’ Day juga merupakan sebuah wadah internasional yang didirikan untuk memamerkan penemuan dan inovasi potensial dan menarik dari para penemu/inovator internasional. Pameran ini dikenal sebagai Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx). Acara ini dilaksanakan setiap tahun, untuk menciptakan kolaborasi antara inventor/organisasi Thailand dan internasional. Pameran ini dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu Invention and Innovation for Social and Quality of Life dengan sub kategori Medicine and Public Health, Environmental Protection/Energy, dan Educational/Office/ Household Equipment and Material dan kategori Invention and Innovation for Industry dengan sub kategori Food/Cosmetics, Modern Agriculture/Robotics/ Electronics/Automation.

Post date: 20/02/2019 - 10:54

Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNY Ali Muhson, M.Pd ditetapkan sebagai Doktor ke-452 Program Pascasarjana dan Doktor ke-217 bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan setelah berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul "Model Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas" di hadapan dewan penguji. Dalam ujian terbuka doktor dan pelepasan doktor ke-452 pada Rabu (30/1) lalu, bertindak selaku penguji utama Prof. Nahiyah Jaidi, Penguji Prof Badrun Kartowagiran, Promotor Prof Zamroni, Ko-Promotor Sumarno, Ph.D, Sekretaris Penguji Dr. Heri Retnawati, dan Ketua Penguji Prof. Marsigit.

Pages