Yudisium FE UNY Juli 2016: Siti Badriyah Peraih IPK Tertinggi

Sebanyak 128 orang dinyatakan lulus secara akademik maupun administratif menyandang gelar sarjana dan diploma pada Upacara Yudisium Fakultas Ekonomi (FE) UNY Periode Juli 2016. Dari 128 peserta yudisium tersebut, 45 orang merupakan lulusan program S1 Kependidikan, 51 orang lulusan program S1 Non Kependidikan, dan 32 orang lulusan program D3. Demikian dilaporkan Wakil Dekan III Isroah, M.Si di hadapan para peserta yudisium dan ketua jurusan/program studi (prodi) serta kepala bagian dan sub bagian di lingkungan FE UNY.

“Sebanyak 46 orang peserta yudisium lulus dengan predikat Dengan Pujian. Rata-rata perolehan IPK pada yudisium periode ini mencapai 3,43. Sedangkan masa kelulusan rata-rata untuk S1 dan D3 berturut-turut adalah 3,24 tahun dan 2,94 tahun Prodi dengan jumlah lulusan terbanyak yaitu Prodi Manajemen S1 sebanyak 36 orang. Selamat!” lanjut Isroah.

Mewakili Dekan, Wakil Dekan II Nurhadi, MM memberikan sambutannya kepada para lulusan. “Dengan mengikuti upacara yudisium ini, gelar sudah sah menjadi bagian dari nama Anda. Wisuda hanya sekedar seremoni. Silakan pilih mana yang akan dijalani. Apakah akan melanjutkan studi, mencari pekerjaan, atau justru menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” ujarnya.

Dalam periode ini, IPK tertinggi diraih oleh Siti Badriyah dari Prodi Pendidikan Akuntansi dengan indeks 3,86. Lulusan SMK N 1 Jogonalan Klaten ini menjadi salah satu penerima beasiswa Bidik Misi semenjak semester dua kuliah. Putri sulung dari dua bersaudara pasangan Jono (47) dan Sutiyem (40) ini semasa berkuliah juga aktif di beberapa organisasi baik intra maupun ekstra kampus.

“Saya dulu aktif di (UKMF) Al Fatih dan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). Selain itu, saya juga ikut bergabung dalam Persatuan Pengajian Anak Muslim (PPAM) Jogonalan Klaten,” terang Siti yang juga sempat menjabat sebagai Ketua Karang Taruna di desanya selama 2 tahun ini.

Ditemui seusai upacara yudisium, Siti mengaku tidak memiliki tips khusus dalam belajar. “Waktu belajar saya tidak tentu. Kapan ada waktu luang, saya luangkan untuk membaca. Kadang sebelum tidur, kadang setelah sholat tahajud,” ungkap Siti.

Siti yang kini bekerja sebagai Admin dan Keuangan di salah satu lembaga zakat swasta di Yogyakarta ini mengaku bersyukur bisa kuliah. “Jangan takut kuliah, jangan ragu melanjutkan pendidikan. Ada banyak hal yang bernilai yang bisa bermanfaat bagi kehidupan kita lebih dari sekedar gelar dan ijazah yang kita dapatkan,” pesan Siti. (fadhli)