Workshop Upload PKM 2013 FE UNY

Guna menyongsong Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2013 dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2014, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) sudah memulai kegiatan pada awal tahun dalam rangka mensukseskan kedua agenda tersebut. Pada tahun 2012 proposal yang terkirim dari FE UNY hanya 120 proposal pada tahun 2013 ini mengalami peningkatan ada proposal masuk sebanyak 230 dan telah direview namun yang direvisi hanya 130 proposal yang 100 proposal belum diambil. Untuk itu kami himbau bagi pengusul proposal yang belum diambil masih diberikan kesempatan untuk merevisinya karena untuk mendapatkan beasiswa salah satu syaratnya harus aktif, punya komitmen tinggi dan mempunyai kreativitas. Sehingga bagi mahasiswa yang enggan untuk merevisi proposal PKM yang telah direview oleh dosen pembimbing, usulan beasiswa untuk tahun 2014 tidak akan diproses, demikian disampaikan Wakil Dekan III FE UNY Siswanto, M.Pd. pada acara Workshop Upload PKM 2013, Sabtu (21/9) di Aula FE UNY. Menghadirkan pemateri dari Dosen Fakultas Teknik UNY Ilmawan Mustaqim, M.T.

Berpijak pada keprihatinan bahwa pada tahun 2012 banyak mahasiswa khususnya Fakultas Ekonomi yang mengalami kesulitan dalam upload proposal, maka FE UNY berinisiatif mengadakan acara workshop upload PKM yang salah satu tujuannya untuk membantu dan menfasilitasi mahasiswa untuk melakukan scan dan uplaod proposal PKM 2013 secara bersama-sama. Sehingga sudah tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa untuk mengupload proposalnya, ujar Siswanto.

Andaikata ada dokumen yang belum siap untuk di scan dan upload silahkan minta bantuan di Subag Kemahasiswaan akan siap membantu dan memfasilitasi mahasiswa. Mudah-mudahan dengan usaha kita nanti berbuah manis. Mempertahankan lebih susah dari pada menciptakan. Target FE UNY bisa masuk PIMNAS sudah terpenuhi pada tahun 2013 dengan berhasil meloloskan 2 tim pada PIMNAS 2013 sehingga target kita pada 2014 nantinya bisa lolos PIMNAS lagi dan mendapatkan kejuaraan di PIMNAS 2014 medali apapun peringkatnya.

Mari berlomba untuk mendapatkan dana Rp 12.500.000,00 untuk setiap judul, hanya dengan 10 lembar saja. Tuangkan kreativitasmu dalam lembar-lembar berharga tersebut. Jangan lupakan, tetap berpedoman pada Panduan PKM 2013. Panduan dapat didownload dari web: http//www.fe.uny.ac.id. Upload proposal PKM masih terbuka sampai tanggal 5 Oktober 2013 pukul 24.00 WIB. Bila menemui kesulitan segera berkonsultasi dengan Dosen Pendamping Kemahasiswaan masing-masing Prodi, Subbag Kemahasiswaan, atau langsung kepada Bapak WD III. Kami siap membantu saudara, pungkasnya

Sedangkan menurut Ilmawan Mustaqim, temuan kasus sebelumnya pengusul PKM antara lain; halaman pengesahan belum ditandatangani dan distempel serta dijadikan satu dalam file PDF, data NIDN dosen, halaman pengesahan belum sesuai dengan panduan, halaman biodata pengusul dan pembimbing belum ditandatangani, beberapa proposal tidak mencantumkan nomor halaman, jumlah anggota beberapa ada yang kurang, seorang mahasiswa mengusulkan banyak judul melebihi persyaratan, seorang dosen melebihi jumlah bimbingan yang disyaratkan, performa sistem dan kecepatan akses internet menjadi kendala, abstrak belum dibuat, biodata tidak lengkap, kurang kooperatifnya peserta serta manajemen peserta kurang kompak, ucapnya. (Isti)