UKMF KRISTAL FE UNY Kunjungan Ilmiah Ke UKM Gama Cendekia UGM

Pada Sabtu (22/9) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Komunitas Riset dan Penalaran (KRISTAL) mengadakan kegiatan kunjungan ilmiah yang bertajuk road to riset ke Unit Kegiatan Mahasiswa Gama Cendekia Universitas Gajah Mada (UKM GC UGM). UKMF KRISTAL sebelumnya juga melakukan kunjungan-kunjungan semacam ini ke Universitas Indonesia Jakarta pada bulan April 2012 lalu dan juga mengunjungi UKMF yang berbasiskan penalaran dan penelitian lain di UNY. Kunjungan dari UKMF KRISTAL disambut hangat oleh pengurus UKM GC yang diwakili oleh presiden UKM GC, Ahmat Syahri dari jurusan Akuntansi Universitas Gajah Mada (UGM) di Sekretariat GC Gelanggang Mahasiswa UGM.

Kunjungan ilmiah ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara kelompok studi ilmiah mahasiswa yang berbasiskan penalaran dan penelitian dari universitas satu dengan universitas lain. Selain itu, kunjungan ini bertujuan untuk sharing beberapa ide kreatif antara UKMF KRISTAL FE UNY dan UKM GC UGM. Acara ini diawali dengan memperkenalkan masing-masing pengurus. bertukar pengalaman dan program kerja masing-masing UKM serta prestasi yang diraihnya.

UKMF KRISTAL yang notabene masih berumur 6 bulan semenjak diresmikan melalui acara Launchingnya UKMF KRISTAL yaitu pada tanggal 3 Maret 2012 masih perlu banyak belajar dari UKM penelitian-penelitian hebat seperti UKM GC ini. Walaupun kami masih seperti bayi yang masih belajar merangkak, UKMF KRISTAL berusaha untuk mewadahi mahasiswa FE UNY untuk berusaha berpikir “out of the box.” kata Sri Nuryanto dari jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY selaku ketua UKMF KRISTAL di sela-sela diskusinya. Kami sangat mengapresiasi kunjungan UKMF KRISTAL ke UKM GC UGM, semoga kunjungan ini dapat berlanjut dan dapat menjadi suatu pertemuan yang melahirkan jiwa-jiwa peneliti dan kritis di kalangan mahasiswa.” sambut Ahmat Syahrir selaku Presiden UKM GC.

Lanjut Nur, banyak hal yang dapat diambil dari kunjungan kali ini seperti bagaimana mengelola organisasi, bertukar pendapat mengenai program kerja, menggali ide/gagasan kreatif, bagaimana meningkatkan daya kritis mahasiswa melalui diskusi dan pelatihan penulisan karya ilmiah baik itu PKM maupun Artikel Ilmiah, serta motivasi untuk terus berpretasi dan berkarya khususnya di bidang penelitian. Selain itu adanya kunjungan ilmiah ke UKM Gama Cendekia ini harapannya dapat memajukan serta mewujudkan insan-insan peneliti intelektual yang handal dan berprestasi khususnya untuk mahasiswa FE UNY baik di kancah regional maupun nasional. (Arin&Nur)