UKMF KRISTAL FE UNY Gelar Lomba Inovasi dan Kreasi Tingkat Nasional “Inovation Contest”

Seiring dengan perkembangan globalisasi, tumbuh kembang perekonomian suatu negara tidak lepas dari negara lain. Banyak dampak positif dan negatif globalisasi. Salah satu dampaknya adalah banyaknya kebudayaan asing maupun produk-produk luar negeri yang masuk di Indonesia. Oleh karena itu sebagai motor penggerak kemajuan bangsa dibutuhkan peran mahasiswa yang mampu menciptakan produk guna melestarikan tradisi negara Indonesia sekaligus mampu bersaing di pasar global. Keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Komunitas Riset dan Penalaran (KRISTAL) sangat penting bagi Fakultas Ekonomi UNY untuk memberikan wadah dalam berkarya khususnya dalam hal karya tulis untuk ranah kewirausahaan. Berdasarkan paparan kondisi diatas UKMF KRISTAL FE UNY bermaksud mengadakan kegiatan ICON (Inovation Contest) dengan tema “Inovasi Produk Industri Indonesia Kreatif Lokal Menuju Persaingan Global”, demikian diungkapkan Ketua UKMF KRISTAL FE UNY Sri Nuryanto baru-baru ini di ruang Humas FE UNY.

ICON ini merupakan program kompetisi atau lomba inovasi dan kreasi tingkat nasional untuk mahasiswa seluruh Indonesia. ICON ini dilaksanakan demi pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha yang berorientasi pada profit sekaligus bertujuan agar dapat menciptakan produk lokal yang mampu bersaing dalam pasar global. Kemudian, dituangkan dalam karya tulis ilmiah dan produk. Jenis produk dalam lomba ini tidak dibatasi, harapannya agar mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas terhadap budaya mereka tanpa batas.

Kegiatan Kompetisi ini diharapkan dapat memacu peserta agar dapat berpikir kreatif dan inovatif, menggali potensi dan menumbuhkan motivasi dalam berwirausaha, mendorong tumbuhnya calon wirausaha muda dalam melakukan perencanaan bisnis secara matang, mengangkat tradisi Indonesia ke dalam produk yang bernilai jual tinggi dan dapat dikenal di kancah Internasional, dan selanjutnya bahwa ICON ini tentunya bertujuan untuk membangun jejaring antara UKMF KRISTAL FE UNY yang masih tergolong sangat muda umurnya di FE UNY agar dapat bekerjasama dan menjalin hubungan simbiosis mutualisme dengan Universitas lain dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Batas pengumpulan karya tulis ini paling lambat tanggal 14 Oktober 2012 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000, dan acaranya akan diselenggarakan pada tanggal 3 November 2012 di auditorium FE UNY. Kompetisi ini terbuka bagi mahasiswa D3,SI maksimal semester 7 di seluruh universitas Indonesia. Bagi yang berminat untuk mengikuti ICON (Inovation Contest) ini bisa menghubungi nomor 087732182121 (Afira) dan 085743845233 (Risty). Untuk lebih jelasnya informasi mengenai ICON bisa mengunjungi di blognya UKMF KRISTAL FE UNY dengan alamat kristalfeuny.wordpress.com. (Nur&Isti)