Teliti Biogas dari Eceng Gondok, UNY Juara I LKTI Nasional

Hayuni Mu’afa Fajri, mahasiswa Prodi Pend Akuntansi Fakultas Ekonomi 2017, bersama dengan Ahmad Prabowo (Pend Teknik Otomotif) dan Rizal Justian Setiawan (Pend. Teknik Mesin) menjadi Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Pesut POLNES Samarinda 2018, 16 September 2018 lalu di Samarinda. Kompetisi yang bertemakan “Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Generasi Milenial Menuju Emas 2045” ini mengajak para mahasiswa untuk berinovasi dalam berbagai bidang, utamanya teknologi, energy, industri, hingga pariwisata dan sosial budaya.

Tim UNY mengusung ide pemanfaatan Eceng Gondok menjadi biogas sebagai solusi masalah lingkungan di Rawa Jombor, Klaten. Hay, demikian Hayuni biasa disapa, mengatakan bahwa di daerah rawa tersebut Eceng Gondok menjadi salah satu masalah. Oleh karena itu, putri tunggal pasangan Nuryanto (55 tahun) dan Siti Zulaikha (53) ini lantas ingin mencoba mengatasi permasalahan Eceng Gondok ini, bahkan mengubahnya menjadi bagian dari solusi lingkungan dan ekonomi.

Hayuni beserta tim“Saya pun bekerja sama dengan teman-teman dari Fakultas Teknik bagaimana caranya agar eceng gondok ini bisa diolah hingga menghasilkan biogas. Singkat cerita, dengan berbagai hambatan dan permasalahan