Sosialisasi Pembimbingan PKM bagi Dosen FE UNY

Hari Jumat (15/3) lalu, bertempat di ruang Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, dilangsungkan acara Sosialisasi Pembimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi dosen di FE UNY. Selain 48 dosen FE UNY, acara tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I FE UNY, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M., Wakil Dekan II, Muh. Djazari, M.Pd., dan Wakil Dekan III, Siswanto, M.Pd. Bertindak selaku pembicara adalah Hermanto, SP pada sesi pertama dan Prof. Dr. Moerdiyanto pada sesi kedua dengan Arum Darmawati, M.M. sebagai moderator. Acara ini ditujukan agar para dosen bisa lebih maksimal dan optimal dalam memberikan bimbingan Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2013 ini.

Dalam sambutannya, Siswanto, M.Pd. mengingatkan bahwa para dosen harus lebih memperhatikan mahasiswanya. “Kalau bukan kita yang memperhatikan, siapa lagi?Bukanlah kata-kata seperti 'tolong Anda buatlah prestasi' kepada mahasiswa, tetapi juga harus dengan perhatian secara langsung,” jelas Siswanto, M.Pd. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan ajang nasional tahunan bidang kemahasiswaan yang tahun ini terdiri dari lima bidang, yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-T (Teknologi), PKM-M (Pengabdian pada Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karya Cipta).

Pada sesi pertama, Hermanto, SP menyampaikan bahwa seharusnya Pembimbingan PKM bukan hanya kemauan dari WD III yang menangani bidang kemahasiswaan, tapi juga menjadi kesadaran dari segenap civitas di fakultas. “Perguruan Tinggi seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, tidak lagi melihat kehebatan pada sisi akademik dengan IPK tinggi dari mahasiswa, tetapi juga pada sisi non akademik mereka,” ujar Hermanto, SP. Dengan jumlah pengusul yang terus bertambah tiap tahunnya, persaingan PKM menjadi semakin keras, dan ini menuntut kerjasama semua pihak.

Di sesi kedua, Prof. Moerdiyanto menyampakan bahwa selain melaksanakan tugas pembelajaran (DIKJAR) dan melaksanakan penelitian (RISET), dosen juga memiliki tugas pokok fungsi lainnya, yaitu memberikan pembimbingan pada mahasiswa (MENTORING) dan pengabdian sosial (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT).

Dengan adanya Sosialisasi Pembimbingan PKM ini, dosen dan mahasiswa diharapkan bisa saling mendukung kemajuan masing-masing pihak dan juga sekaligus menguatkan posisi universitas di masyarakat. Pada ajang PIMNAS, yang merupakan puncak dari ajang PKM, tahun 2012 lalu UNY menempati posisi akhir di 5 besar. (fadhli)