SMK N 2 Depok Raih Juara “The Outstanding Creativity Award” pada Yogyakarta Student Company Competition 2012 di FE UNY

Sembilan perusahaan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta berlomba dalam “Yogyakarta Student Company Competition 2012” yang diselenggarakan kerjasama GE Foundation (GE Transportation dan GE Lighting), Prestasi Junior Indonesia dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) pada Senin (21/5) di Auditorium FE UNY. Kompetisi ini guna meraih predikat Perusahaan Siswa Terbaik wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdasarkan keterampilan dan Inovasi Bisnis. Lomba kali ini mencakup presentasi rencana bisnis, lomba cerdas cermat dan lomba gelar produk hasil karya Siswa SMA dan SMK. Para peserta juga berkesempatan untuk memamerkan dan menjual produk atau jasa mereka kepada khalayak umum sekaligus berinteraksi dengan masyarakat luas dan mempresentasikan rencana bisnis mereka. Pada kesempatan kali ini SMK N 2 Depok berhasil meraih juara “The Outstanding Creativity Award” SMK N 1 Godean meraih juara “The Best Student Company Sponsored By GE Lighting” dan SMK Piri 3 Yogyakarta meraih juara “The Best Student Company Sponsored By GE Trasportation”.

Yogyakarta Student Company Competition 2012 adalah puncak kompetisi bagi siswa-siswi perwakilan dari 9 sekolah SMA dan SMK di wilayah DIY dan menjadi langkah awal menuju kompetisi nasional serupa yang akan diadakan di Jakarta pada 22-23 Juni 2012 mendatang. Sembilan perusahaan siswa tersebut yaitu SMA N 1 Sleman, SMK N 2 Depok, SMK N 1 Godean, SMK N 1 Seyegan, SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, SMK N 1 Yogyakarta, SMK N 7 Yogyakarta, SMK BOPKRI 1 Yogyakarta dan SMK Piri 3 Yogyakarta. Prestasi Junior Indonesia (PJI) bekerjasama dengan Entrepreneurship Education Center (EEC) FE UNY menjadi pendamping utama dalam program ini, dibantu oleh para relawan dari GE Volunteers dan Mahasiswa FE UNY.

Gelar produk karya siswa tersebut diantaranya berupa kerajinan tangan dari daur ulang limbah yang dibentuk menjadi sebuah tas, tempat pensil dan dompet, bantal dari plastik daur ulang, kerajinan dari mendong dan berbagai produk minuman dan makanan kecil.

Program Student Company ini didanai oleh GE Foundation, sebuah yayasan dari perusahaan GE Indonesia (General Electric Indonesia), ini merupakan program pendidikan dan pelatihan di bidang kewirausahaan bagi para siswa tingkat SMA dan SMK dimana mereka akan terjun langsung ke dalam dunia usaha sebagai pengelola sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Program Student Company dan berbagai kegiatan penunjangnya bertujuan untuk memberikan bekal bagi para mereka siap dan mampu menghadapi tantangan ekonomi global di masa yang akan datang, demikian disampaikan Robert Gardiner Direktur Operasional Prestasi Junior Indonesia.

Lanjut Robert, diharapkan siswa-siswi yang berpartisipasi dalam program perusahaan siswa menyadari untuk mempersiapkan diri demi masa depan yang lebih baik. kompetisi ini sangatlah penting bagi mereka untuk kesempatan menunjukkan usaha mereka dalam lingkungan kompetitif. Ini adalah langkah kelanjutan dari pendidikan kewirausahaan yang diterima siswa di sekolah. (Isti)