Rombongan SMA N 3 Tangerang Bertandang ke FE UNY

Senin (18/12) lalu Fakultas Ekonomi (FE) UNY kedatangan tamu dari rombongan SMA N 3 Tangerang sebanyak 228 siswa dari XI IPS 1-6, beserta 8 guru dan beberapa staf. Maksud dari kedatangan rombongan SMA N 3 Tangerang untuk kunjungan kampus dan mengenalkan kepada siswa-siswi, agar mereka dapat memiliki gambaran tentang pendidikan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Acara diawali dengan sambutan dari wakil dekan 3 FE UNY Isroah, M.Si., kemudian dilanjutkan sambutan dari kepala sekolah SMA N 3 Tangerang Dedi Hidayat, M.Si.

Kepala sekolah SMA N 3 Tangerang mengucapkan terima kasih telah menerima rombongan dari SMA N 3 Tangerang, yang beberapa tahun lalu telah mengajukan untuk berkunjung dan baru tahun ini mendapat kesempatan untuk berkunjung ke UNY.  

“Adapun alasan kami, yang pertama dari tahun ke tahun ternyata anak-anak kami ini semangat, untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ini semakin bertambah. Banyak dari anak-anak kami yang ingin melanjutkan pendidikannya terutama di kota Yogyakarta salah satunya ke UNY dengan harapan mudah-mudahan kami menerima berbagai macam informasi yang berhubungan dengan penerimaan mahasiswa baru. Oleh karena itu, kami mengharapkan informasi atau apa yang bermanfaat bagi kami, yang akan menyiapkan siswa kami untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi khususnya UNY, karena kesempatan seperti ini tidak bisa kita laksanakan setiap saat, oleh karena itu kita gunakan kesempatan pada kali ini untuk menggali informasi tentang UNY,”  ujar Dedi Hidayat, M.Si.

Wakil dekan lll memaparkan mengenai sejarah berdirinya UNY, sekaligus cara untuk mendaftar di UNY. Selain itu beliau menjelaskan informasi program studi yang ada di FE UNY. Pada sesi acara ini banyak dari siswa yang antusias mengajukan pertanyaan yang variatif.

Salah satunya yaitu mengenai perbedaan Jurusan Bahasa dan Sastra Indoneia dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Bahasa dan Seni. Pertanyaan tersebut dijawab oleh salah satu mahasiswa FBS yang sedang magang di Humas FE. Ia menjelaskan jurusan pendidikan dengan ilmu murni terdapat perbedaan dari segi teori yang didapat maupun praktik. Untuk prospek kedepan, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia akan fokus menjadi guru Bahasa Indonesia, sedangkan Bahasa dan Sastra Indonesia lebih ke berbagai bidang seperti jurnalistik, penulisan buku, dan BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).

Dari sesi tanya jawab tersebut diharapkan siswa SMA N 3 Tangerang menjadi lebih tahu mengenai program studi di masing-masing fakultas serta diharapkan pula melalui pemaparan tersebut siswa dapat memiliki gambaran mengenai kiat-kiat untuk dapat melanjutkan ke tingkat universitas. (mag/fadhli)